Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kejari Aceh Utara Tahan 5 Tersangka Korupsi Pembangunan Monumen Samudera Pasai

Rabu, 02 November 2022 – 19:55 WIB
Kejari Aceh Utara Tahan 5 Tersangka Korupsi Pembangunan Monumen Samudera Pasai - JPNN.COM
Petugas kejaksaan memasang borgol tersangka korupsi pembangunan monumen Islam Samudera Pasai. ANTARA/HO-Dokumentasi Kejaksaan Negeri Aceh Utara

jpnn.com - BANDA ACEH - Kejaksaan Negeri Aceh Utara menahan lima tersangka korupsi proyek pembangunan monumen Islam Samudera Pasai, dengan total anggaran Rp 49,1 miliar.

Kelima tersangka tersebut, yakni F selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), N selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), P selaku pengawas proyek serta T dan R masing-masing selaku rekanan.

Kepala Kejari Aceh Utara  Diah Ayu Hartati mengatakan kelima tersangka tersebut ditahan selama 20 hari ke depan di Lembaga Pemasyarakatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

"Mereka ditahan karena dikhawatirkan akan melarikan diri dan menghilangkan barang bukti serta mengulangi perbuatannya. Penahanan mereka juga untuk melengkapi berkas perkara yang kini sedang dirampungkan," kata dia di Aceh Utara, Rabu (2/11).

Pembangunan monumen Islam Samudera Pasai bersumber dari APBN. Pembangunan monumen tersebut dikerjakan lima perusahaan sejak 2012 hingga 2017.

"Dari hasil audit sementara dan hingga saat ini masih berlangsung dari tim ahli yang telah kami tunjuk total kerugian keuangan negara mencapai Rp 20 miliar," kata dia. 

Pada 2012, proyek tersebut dikerjakan PT PNM dengan anggaran Rp 9,5 miliar.

Pada 2013, dikerjakan oleh PT LY dengan anggaran Rp 8,4 miliar.

Kejari Aceh Utara menahan lima tersangka korupsi proyek pembangunan monumen Islam Samudera Pasai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close