Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kekayaan Laut Mampu Tingkatkan Penerimaan Negara

Rabu, 14 Desember 2011 – 15:19 WIB
Kekayaan Laut Mampu Tingkatkan Penerimaan Negara - JPNN.COM
JAKARTA - Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, Rokhmin Dahuri mengatakan perlu ada terobosan dalam menggali sumber penerimaan negara. Salah satunya dengan mengeksplorasi sektor kelautan dan perikanan. Menurut Rokhmin Dahuri, negeri ini sangat kaya akan potensi di sektor tersebut.

Rokhmin sangat yakin sektor kelautan dan perikatan dapat menjadi sumber baru pendapatan negara, karena 45 persen total barang dan komoditas yang diperdagangkan di dunia dikapalkan melalui laut Indonesia.

"Secara keseluruhan nilainya mencapai USD 1.500 triliun per tahunnya," kata Rokhimin saat Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Badan Anggaran DPR, di Jakarta, Rabu (14/12).

Dijelaskan, perlu ada pemahaman yang tepat soal ekonomi kelautan. Menurutnya, domain ekonomi kelautan adalah kegiatan ekonomi yang berlangsung di wilayah pesisir dan laut. Bukan hanya soal perikanan tangkap, melainkan juga perikanan budidaya, industri pengelolaan hasil ikan, industri bioteknologi, pariwisata bahari, pertambangan dan energi, perhubungan laut, serta industri dan jasa maritim.

JAKARTA - Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, Rokhmin Dahuri mengatakan perlu ada terobosan dalam menggali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close