Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kekayaan Orang Kaya Australia Setara Anggaran Kesehatan Ethiopia

Senin, 21 Januari 2019 – 18:00 WIB
Kekayaan Orang Kaya Australia Setara Anggaran Kesehatan Ethiopia - JPNN.COM

Orang kaya Australia terus bertambah kaya, dengan 1 persen orang Australia teratas memiliki lebih banyak harta dibanding gabungan 70 persen masyarakat terbawah.

Poin utama:

• Ada peningkatan rekor lain dalam jumlah miliarder di Australia - dari 33 menjadi 43 orang
• Kekayaan miliarder dunia meningkat $ 900 miliar (atau setara Rp 9 kuadriliun) pada tahun lalu saja, atau $ 2,5 miliar (atau setara Rp 25 triliun) sehari
• Oxfam ingin petugas pajak meminta perusahaan untuk memberikan laporan publik yang terperinci tentang pajak mereka berdasarkan negara bagian, dan mengembalikan anggaran perempuan

Sebuah laporan baru dari Oxfam telah mencatat rekor lain dari peningkatan jumlah miliarder di Australia - dari 33 menjadi 43 orang - dengan kekayaan gabungan mereka naik hampir $ 160 miliar (atau setara Rp 1,6 kuadriliun) tahun lalu.

Oxfam mengatakan hal itu setara dengan peningkatan sebesar $ 100 juta (atau setara Rp 1 triliun) per hari, atau total kenaikan $ 36 miliar (atau setara Rp 360 triliun), dan cukup untuk menutupi setengah dari total anggaran kesehatan Pemerintah Federal Australia pada tahun anggaran ini.

Helen Szoke, CEO Oxfam Australia, mengatakan laporan -yang dirilis menjelang pertemuan para pemimpin politik dan bisnis untuk Forum Ekonomi Dunia tahunan di Davos, Swiss -itu menunjukkan bahwa kelompok yang paling tidak beruntung tetap terperangkap dalam siklus kemiskinan yang mengakar.

"Jumlah harta dari separuh terbawah masyarakat kami tak berubah dan pertumbuhan upah pekerja biasa tetap stagnan," kata Dr Szoke.

"Australia berada di antara negara terkaya di dunia, namun ada kesenjangan besar antara orang kaya dan orang miskin. Ketimpangan ini tak bisa, dan tak perlu, terus berlanjut."

Upaya melawan penghindaran pajak

Dr Szoke mendesak Pemerintah Federal Australia untuk memperkenalkan undang-undang yang lebih keras yang ditujukan terhadap perusahaan multinasional yang masih mungkin menghindari pajak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close