Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keluarkan Sinyal Kirim TKI ke Malaysia

Minggu, 29 Agustus 2010 – 05:35 WIB
Keluarkan Sinyal Kirim TKI ke Malaysia - JPNN.COM
JAKARTA - Meski hubungan antara Indonesia Malaysia meruncing, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) malah mengeluarkan sinyal bakal membuka pengiriman kembali. Keputusan tersebut menunggu hasil kesepakatan pertukaran nota diplomatik.

   

Sebenarnya sejak 2008 lalu, pemerintah sudah menghentikan pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) secara resmi ke Negeri Jiran dengan beberapa penyebab. Dirjen Penempatan Tenaga Kerja Kemenakertrans Abdul Malik Harahap mengatakan pihaknya telah lama menutup pengiriman TKI karena belum menemukan kesepakatan dengan pihak Malaysia karena regulasi yang mengatur sangatlah lemah.

   

Nah, terhitung sejak Senin (23/8) lalu, kedua belah pihak telah melakukan pembicaraan secara intensif mengenai nota diplomatik untuk membahas lebih rinci tentang aturan-aturan mempekerjakan TKI di Malaysia.

   

Lebih lanjut, Malik menerangkan ada beberapa poin yang difokuskan dalam nota diplomatik. Diantaranya tentang paspor, hak cuti, upah perbulan dan lain sebagainya. Malik lalu mencontohkan tentang pemberian gaji. Pemerintah Indonesia bersikeras agar para TKI di Malaysia paling sedikit mendapat upah RM 600 per bulan.

   

JAKARTA - Meski hubungan antara Indonesia Malaysia meruncing, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) malah mengeluarkan sinyal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA