Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kembangkan Terminal Tirtonadi, Kemenhub Gandeng Swasta

Minggu, 26 November 2017 – 08:21 WIB
Kembangkan Terminal Tirtonadi, Kemenhub Gandeng Swasta - JPNN.COM
Gedung Kementerian Perhubungan. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Untuk mendukung konsep Transit Oriented Development (TOD), Terminal Tirtonadi akan dikembangkan di bidang komersial. Lahan komersial di atas terminal tirtonadi akan dibangun mall, hotel dan pusat perbelanjaan 4 lantai.

"Pengembangan terminal Tirtonadi diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya," kata Jujun Endah Wahjuningrum, Direktur Prasarana Perhubungan Darat Kemenhub di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah.

Semenjak diambil alih Kemenhub, Terminal Tirtonadi menjadi aset pemerintah pusat, statusnya adalah Barang Milik Negara (BMN).

Untuk mengelola maupun memanfaatkan BMN, harus mengacu pada peraturan Kemenkeu. Ada lima bentuk pemanfaatan BMN yaitu Bangun Guna Serah dan Bangun Serah Guna; Pinjam Pakai; Sewa; Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur; dan Kerja Sama Pemanfaatan.

"Dari kelima bentuk pemanfaatan BMN, maka pola yang paling cocok dikembangkan di terminal Tirtonadi adalah Kerja Sama Pemanfaatan (KSP)," kata Jujun.

"Saat ini, usulan sudah diterima Kemenkeu, dan disimpulkan bahwa BMN dalam hal ini terminal Tirtonadi, bisa dijadikan obyek KSP, maka dibentuk tim KSP yang terdiri dari unsur Kemenkeu dan Kemenhub. Ini tentu harus ada izin dari Kemenkeu terlebih dulu," tandas Jujun.(chi/jpnn)

Semenjak diambil alih Kemenhub, Terminal Tirtonadi menjadi aset pemerintah pusat, statusnya adalah Barang Milik Negara (BMN).

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close