Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenag Sampaikan Pengumuman Penting untuk Seluruh Guru & Tendik

Selasa, 01 Februari 2022 – 21:33 WIB
Kemenag Sampaikan Pengumuman Penting untuk Seluruh Guru & Tendik - JPNN.COM
Ribuan guru. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama meminta guru dan tenaga kependidikan (tendik) di sekolah madrasah menyiapkan diri dalam menerapkan kurikulum prototipe. Menurut Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain, kurikulum tersebut akan diberlakukan sehingga guru perlu mengubah mindset dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Dia menjelaskan, kebijakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang sedang menggagas kurikulum prototipe harus direspon dengan baik oleh madrasah. Sebab, kurikulum ini lebih fleksibel dan meneguhkan peran utama guru sebagai pendidik profesional.

“Guru harus mempersiapkan diri dalam mendesain pembelajaran yang membebaskan dan sesuai minat siswa. Guru juga harus hadir sebagai sahabat siswa,” pesan Zain, Selasa (1/2).

Zain juga menekankan pentingnya peran guru dalam membentuk karakter baik para siswa di tengah membanjirnya berita dan informasi di medsos.

Dia melihat anak-anak saat ini banyak mengalami adiksi dan kecanduan gadget. 

"Peran orang tua dalam mengontrol anaknya juga sangat vital terkait pembentukan akhlakul karimah anak," ucapnya.

Zain menjelaskan ada tiga karakter utama kurikulum prototipe. Pertama, pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan soft skill dan karakter (iman, takwa, akhlak mulia, gotong royong, kebinekaan global, kemandirian, nalar kritis, dan kreativitas). Kedua, fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

“Ketiga, fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal,” paparnya.

Guru dan tendik di lingkungan Kemenag harus menyiapkan diri terhadap aturan baru yang akan diberlakukan Kemenag

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA