Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendikbud Gandeng Kemenlu, Siswa Menengah Bakal Diajari Politik Luar Negeri

Selasa, 16 Maret 2021 – 22:07 WIB
Kemendikbud Gandeng Kemenlu, Siswa Menengah Bakal Diajari Politik Luar Negeri - JPNN.COM
Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) 70 Bulungan, Jakarta, Senin (1/4/). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Para murid pendidikan menengah bakal memperoleh bahan ajar politik luar negeri.

Hal itu merupakan buah kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan  Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbud Hendarman, bahan ajar  itu sebagai realisasi perjanjian kerja antara kedua belah pihak dalam mengintegrasikan pembelajaran politik luar negeri dan kerja sama ASEAN ke dalam kurikulum pendidikan. 

"Buku ini diharapkan mendorong guru dan peserta didik meningkatkan pemahaman tentang pentingnya ASEAN bagi Indonesia," kata Hendarman di Jakarta, Selasa (16/3).

Dia juga mengharapkan buku itu bisa memberikan pemahaman bahwa masyarakat Indonesia telah menjadi bagian integral dari kehidupan di Asia Tenggara. 

Buku itu diyakini bisa mendorong peningkatan keterampilan guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran mengenai ASEAN yang inovatif, interaktif, dan mengaplikasikan beragam strategi serta metode penyajian pembelajaran.

Hendarman menambahkan, buku bahan pengajaran ASEAN bagi pendidikan menengah menyuguhkan berbagai hal yang terjadi di kawasan Asia Tenggara. Di antaranya studi politik, sistem hukum, serta budaya dan sejarah ASEAN dari seluruh negara anggota. 

Hasil survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 2015 memperlihatkan pemahaman masyarakat Indonesia mengenai ASEAN masih rendah.

Kemendikbud dan Kemenlu menyiapkan buku bahan ajar ASEAN bagi para pelajar pendidikan menengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close