Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendikbud Mau Rekrut 1 Juta Guru PPPK, Honorer K2 Khawatirkan Persaingan

Rabu, 18 November 2020 – 09:39 WIB
Kemendikbud Mau Rekrut 1 Juta Guru PPPK, Honorer K2 Khawatirkan Persaingan - JPNN.COM
Para guru honorer saat menggelar aksi unjuk rasa. Foto: arsip jpnn.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merekrut satu juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada 2021 mendatang menjadi angin segar bagi seluruh honorer.

Pasalnya, seluruh guru baik honorer K2 maupun nonkategori bisa ikut dalam rekrutmen tersebut, lalu yang lolos bakal mengisi formasi sejuta guru PPPK.

Tak hanya itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga menyiapkan pelatihan khusus bagi guru-guru honorer untuk persiapan tes PPPK 2021. Tujuannya agar guru-guru honorer bisa lolos seleksi.

Selain itu, guru honorer yang gagal pada pun masih diberi kesempatan lagi. Andai mereka gagal pada tes pertama, masih ada dua kesempatan lagi untuk lolos.

Namun, kesempatan seluas-luasnya itu membuat guru honorer K2 waswas. Mereka meminta formasi khusus PPPK agar tidak ada lagi guru honorer K2 yang tertinggal.

Seorang guru honorer K2 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Dudi Abdullah mengaku khawatir jika harus diadu dengan guru nonkategori ataupun swasta.

"Kalau diadu sama guru honorer nonkategori negeri maupun swasta, peluang honorer K2 makin kecil. Bisa jadi kami malah banyak yang tidak lulus," ujarnya kepada jpnn.com, Rabu (18/11).

Seharusnya, kata Dudi, honorer K2 itu mendapatkan afirmasi karena ada janji pemerintah dan DPR untuk menyelesaikan status mereka sampai 2023. Namun bila tahun depan honorer K2 mengikuti tes dan bersaing dengan guru honorer nonkategori yang jumlahnya di atas satu juta itu, sambungnya, persaingan akan makin ketat.

Rencana Kemendikbud merekrut sejuta guru PPPK pada 2021 tak serta-merta menjadi angin surga bagi seluruh honorer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close