Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Kemendikbud: Sekolah di Zona Hijau Belum Tentu Dibuka, PJJ Tetap Prioritas

Minggu, 07 Juni 2020 – 12:30 WIB
Kemendikbud: Sekolah di Zona Hijau Belum Tentu Dibuka, PJJ Tetap Prioritas - JPNN.COM
Ilustrasi anak sekolah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Biro Kerja sama dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Evy Mulyani mengatakan, tahun ajaran baru yang akan dimulai pada pertengahan Juli mendatang, tidak sama dengan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah.

Dia juga menegaskan, sekolah di wilayah zona hijau tidak serta merta dibuka, tetapi akan dilakukan dengan sangat hati-hati, dan tetap mengikuti protokol kesehatan

“Yang menjadi prioritas kami adalah kesehatan dan keselamatan warga sekolah (siswa, guru dan orang tua) sehingga belum tentu sekolah di wilayah zona hijau dibuka," kata Evy dalam keterangannya, Minggu (7/6).

Sementara sekolah yang berada di zona merah dan kuning, kata Evy, sistem pembelajaran jarak jauh masih menjadi pilihan utama pemerintah dalam menerapkan model pembelajaran Tahun Ajaran baru 2020/2021.

Dia mengungkapkan, sering terjadi kerancuan informasi terkait tahun ajaran baru yang masih disamakan dengan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah.

Saat ini model pembelajaran jarak jauh (PJJ) akan menjadi pilihan utama sehingga bagi sebagian besar sekolah akan melanjutkan pembelajaran daring seperti yang sudah dilakukan 3 bulan terakhir.

Evy melanjutkan, pembukaan kembali sekolah khususnya di wilayah zona hijau, akan dibahas Kemendikbud bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Sedangkan protokol kesehatan di bidang pendidikan akan dibahas bersama Kementerian Kesehatan.

“Sekolah yang berada di zona hijau tidak langsung bisa dibuka secara otomatis, tetapi melalui prosedur izin syarat yang ketat. Misalnya sebuah sekolah berada di zona hijau, tetapi berdasarkan penilaian keseluruhan prosedur dan syarat, ternyata tidak layak untuk dibuka kembali. Tentu ini harus tetap menjalankan PJJ,” jelas Evy.

loading...