Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendikbudristek Gandeng MAP Retail Academy Cetak Lulusan Vokasi Siap Kerja

Selasa, 16 Juli 2024 – 19:00 WIB
Kemendikbudristek Gandeng MAP Retail Academy Cetak Lulusan Vokasi Siap Kerja - JPNN.COM
Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek berkolaborasi dengan PT Mitra Akademi Perkasa (MAP Retail Academy). Foto: Humas Kemendikbudristek.

jpnn.com - JAKARTA -  Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Mitra Akademi Perkasa (MAP Retail Academy).

Penandatangan tersebut dilakukan Kemendikbudristek bersama 40 Satuan Pendidikan Vokasi (SPV) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) di kantor PT MAP, Jakarta, Senin (15/7).  

Kolaborasi ini diharapkan mampu menyiapkan siswa vokasi agar lebih terampil ketika terjun di dunia kerja, khususnya di bidang ritel.

“Kebijakan Merdeka Belajar menjadi jembatan yang menyelaraskan atmosfer dunia industri dengan lembaga pendidikan,” kata Pelaksana Tugas Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Uuf Brajawidagda dalam keterangannya, Selasa (16/7).

Uuf menyebutkan kolaborasi dengan MAP Retail Academy dapat menjadi pilot project untuk dikembangkan ke berbagai daerah, terlebih lagi daya serap MAP Group juga sangat besar dan pendidikan vokasi menjadi jawaban.

Direktur PT MAP Handaka Santosa menyambut baik kerja sama tersebut. Menurut dia, banyak potensi yang dapat disinergikan antara vokasi dengan MAP, sehingga nantinya akan muncul talenta-talenta yang dapat bersaing secara global. 

"Terlihat ada banyak lulusan SMK atau lulusan vokasi yang menempati posisi-posisi strategis di MAP Group,” kata Handaka.

Kolaborasi ini juga diharapkan menjadi terobosan yang cepat dalam supply dan demand tenaga kerja berkualitas di dunia usaha maupun industri. Apalagi, industri retail juga butuh talenta- talenta yang bagus dari pendidikan vokasi.

Kemendikbudristek menggandeng MAP Retail Academy untuk mencetak lulusan vokasi siap kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA