Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub - PT PTB Teken Konsesi, Pemulihan Ekonomi Diharapkan Lebih Cepat

Jumat, 04 Desember 2020 – 18:22 WIB
Kemenhub - PT PTB Teken Konsesi, Pemulihan Ekonomi Diharapkan Lebih Cepat - JPNN.COM
PT Pelabuhan Tiga Bersaudara (PTB) menandatangani perjanjian konsesi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Samarinda pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. PT PTB for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Usaha Pelabuhan PT Pelabuhan Tiga Bersaudara (PTB) menandatangani perjanjian konsesi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Samarinda pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

PT PTB mengharapkan dengan perjanjian konsesi ini bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Direktur Operasi PTB Ario Bandoro Saputro mengatakan, dengan perjanjian konsesi ini, pihaknya bisa melaksanakan pengusahaan pelabuhan pada terminal dan fasilitas yang ada di area konsesi.

“Menteri Perhubungan telah menetapkan PT Pelabuhan Tiga Bersaudara sebagai pelaksana kegiatan pengusahaan jasa kepelabuhanan pada Terminal Alih Muat Barang atau ship to ship transfer di Muara Berau di Pelabuhan Samarinda,” kata dia dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/12).

Business Development PT PTB Kamaruddin Abtami mengatakan, perjanjian kerja sama perizinan ini sekaligus memberikan kepastian hukum atas kegiatan pengusahaan jasa kepelabuhanan.

Dia meyakini hal ini membuat entitas usaha dapat meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya kepada pengguna jasa. “Termasuk efisiensi kegiatan pengusahaan di pelabuhan,” ujar Kamaruddin.

Sesuai UU No, 17/2008 tentang Pelayaran, reformasi pelabuhan di Indonesia terus didorong oleh pemerintah dengan beberapa fokus perbaikan.

Di antara perbaikan seperti penghapusan monopoli, penciptaan kesempatan yang lebih luas untuk investasi di sektor pelabuhan, penciptaan kompetisi yang sehat dalam pelabuhan dan antarpelabuhan, termasuk pemisahan yang jelas antara regulator dan operator.

PT Pelabuhan Tiga Bersaudara menandatangani perjanjian konsesi dengan Kemenhub RI terkait pengusahaan Pelabuhan Samarinda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close