Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Siapkan Skema Pembelian Kendaraan Listrik Tanpa Baterai

Kamis, 11 November 2021 – 23:02 WIB
Kemenhub Siapkan Skema Pembelian Kendaraan Listrik Tanpa Baterai - JPNN.COM
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mewakili Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/11). Foto: Kemenhub

jpnn.com, TANGERANG - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyampaikan pemerintah mengupayakan agar harga baterai semakin terjangkau, salah satunya dengan mulai dibangunnya pabrik baterai di Karawang, Jawa Barat.

Diakuinya, harga komponen baterai kendaraan listrik yang masih cukup tinggi merupakan tantangan tersendiri dalam upaya mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik.

“Komponen kendaraan listrik itu yang paling mahal adalah baterainya," Dirjen Budi di sela acara pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/11).

Terkait kendala tersebut, Dirjen Budi menyampaikan Kemenhub juga sedang mendorong skema pembelian kendaraan bermotor tanpa baterai, yaitu dengan konsep tukar baterai atau swap baterai.

”Saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang bergelut di bidang tersebut, seperti PT Oyika Powered Solution dan PT Swap Energi Indonesia," sebutnya.

Dirjen Budi menjelaskan melalui skema tersebut nantinya pengguna kendaraan listrik dapat menuju ke minimarket terdekat yang menyediakan swap baterai, kemudian menukar baterai yang kosong dengan baterai yang telah terisi penuh.

“Jadi pembelian sepeda motor listrik bisa lebih murah karena tanpa baterai, mereka cukup bayar sewa saja,” jelas Dirjen Budi.

Selain itu, pemerintah juga mendorong masyarakat untuk mengkonversi kendaraan BBM ke kendaraan listrik.

Kemenhub berharap melalui skema swap baterai, harga kendaraan listrik bisa ditekan lebih murah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close