Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenkes Bersama Novo Nordisk Skrining Diabetes 118 Ribu Warga Jabar, Ini Hasilnya

Sabtu, 19 Agustus 2023 – 04:03 WIB
Kemenkes Bersama Novo Nordisk Skrining Diabetes 118 Ribu Warga Jabar, Ini Hasilnya - JPNN.COM
Kemenkes bersama Novo Nordisk skrining diabetes 118 ribu warga Jabar. Ilustrasi diabetes. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jawa Barat, Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), dan Novo Nordisk Indonesia melakukan skrining diabetes terhadap 118.521 warga Jabar dalam periode September 2022 - Juni 2023.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Vini Adiani Dewi mengatakan hasil skrining menemukan bahwa lima persen dari jumlah warga yang terskrining tersebut menderita diabetes.

Adapun skrining diabetes itu dilakukan di 46 fasilitas kesehatan primer di Jawa Barat.

"Kami senang dapat menyampaikan bahwa pada September 2022 hingga Juni 2023, proyek percontohan Affordability Project telah berhasil melakukan skrining diabetes untuk 118.521 individu. Kami mencatat bahwa lima persen dari mereka menderita diabetes, mencerminkan prevalensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Data Riskesdas tahun 2018," kata Vini dalam keterangan tertulis, Jumat (18/8).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI Eva Susanti menambahkan prevalensi diabetes yang terus meningkat di Indonesia memerlukan tindakan komprehensif.

Upaya pencegahan, lanjut Eva, sangat penting untuk mengurangi dampak diabetes yang merugikan.

"Proyek Affordability Project telah memberikan contoh nyata bagaimana kerja sama antara sektor publik dan swasta dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat. Model kemitraan semacam ini memiliki potensi untuk diadopsi dalam berbagai inisiatif pencegahan dan pengendalian penyakit," ujar Eva.

Sementara itu, Vice President & General Manager Novo Nordisk Indonesia Sreerekha Sreenivasan mengatakan pihaknya sangat terhormat bisa berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan demi menciptakan dampak berkelanjutan bagi kehidupan warga yang hidup dengan diabetes di Indonesia.

Kemenkes bersama Dinas Kesehatan Jabar, dan Novo Nordisk Indonesia melakukan skrining diabetes terhadap 118.521 warga Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close