Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenkes Minta Warga Perhatikan Ini Sebelum Melepas Masker di Ruang Terbuka

Rabu, 25 Mei 2022 – 06:21 WIB
Kemenkes Minta Warga Perhatikan Ini Sebelum Melepas Masker di Ruang Terbuka - JPNN.COM
Warga memakai masker di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Imran Agus Nurali mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada sebelum melepas masker di ruang terbuka.

“Saat ini angka Covid-19 sudah terkendali, masyarakat harus tetap berhati-hati," kata Imran dikutip dari Antara, Rabu (25/5).

Imran mengatakan ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diketahui masyarakat mengenai pelonggaran masker di tempat umum.

Syarat pertama memastikan sudah mendapat vaksinasi lengkap sebelum memutuskan untuk membuka masker ketika berada di luar ruangan.

“Vaksinasi Covid-19 tetap dilanjutkan sampai dosis lengkap yaitu dua dosis untuk melindungi diri sendiri dan orang lain," kata dia.

Syarat selanjutnya adalah memastikan tidak ada penyakit komorbid. Imran menyarankan kelompok masyarakat dengan penyakit yang menyerang imunitas, hipertensi, diabetes, dan penyakit komorbid lainnya untuk tetap memakai masker di luar ruangan.

Dia juga menyarankan pemakaian masker saat beraktivitas di luar rumah atau di tempat yang penuh dengan kerumunan orang.

Masker disarankan tetap dipakai meski sudah ada pelonggaran bagi penderita Tuberkolusis atau TBC. Indonesia adalah salah satu negara dengan penderita penyakit tuberkulosis (TBC) tertinggi, sehingga penting untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Kemenkes meminta masyarakat tetap waspada dan berhati-hati sebelum melepas masker di luar ruangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close