Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenkominfo Siap Dampingi Pemerintah Daerah Menuju Smart City

Jumat, 22 April 2022 – 23:58 WIB
Kemenkominfo Siap Dampingi Pemerintah Daerah Menuju Smart City - JPNN.COM
Menkominfo Johnny G Plate mendorong kolaborasi untuk mewujudkan smart city di Indoensia. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan pihaknya memberikan pendampingan dalam pemanfaatan teknologi digital dagi pemerintah daerah.

Salah satunya ialah dengan menggelar pendampingan terkait infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang menjadi salah satu dari enam pilar utama Kota Cerdas atau Smart City.

"Infrastruktur TIK hulu berupa fiber optic di darat dan di laut di seluruh Indonesia, pembangunan fiberlink dan microwave link, penempatan satelit high throughput di angkasa kita, hingga pada pembangunan Base Transceiver Station yang menghadirkan layanan sinyal telekomunikasi dan akses internet," kata Johnny, Kamis (21/4).

Sementara itu, infrastruktur hilir terdiri dari cloud computing di ICT Infrastructure Downstream, Internet of Thing (IoT), dan Artificial Intelligent (AI).

Menurut Johnny, pendampingan tidak cukup untuk mempercepat Kota Cerdas jika keinginan dan kebijakan pemerintah daerah belum optimal.

Untuk itu, politikus partai NasDem itu mendorong penerapan kerangka Kota Cerdas yang komprehensif melalui enam pilar utama.

Adapun enam pilar tersebut ialah Smart Governance, Smart Infrastructure Upstream and Downstream, Smart Economy, Smart Living, Smart People, dan Smart Environment.

Menteri Johnny mengatakan nota kesepemahaman antara Kemenkominfo dan pemerintah daerah merupakan wujud komitmen bersama dalam mendukung Smart City.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan pihaknya memberikan pendampingan dalam pemanfaatan teknologi digital dagi pemerintah daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close