Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenkum HAM Bebaskan 35 Ribu Napi, Begini Reaksi Polisi

Sabtu, 11 April 2020 – 19:47 WIB
Kemenkum HAM Bebaskan 35 Ribu Napi, Begini Reaksi Polisi - JPNN.COM
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Foto: ANTARA/Fianda Rassat

jpnn.com, JAKARTA - Kemenkum HAM mengambil kebijakan dengan membebaskan 35.676 narapidana (napi) dan anak melalui program asimilasi dan integrasi berkenaan dengan pandemi virus Corona atau Covid-19.

Menyikapi pembebasan tersebut, Polda Metro Jaya langsung berkoordinasi dengan Kemenkum HAM melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS). Tujuannya untuk mendata narapidana dan anak yang bebas tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pendataan dilakukan untuk memudahkan kepolisian melakukan pemantauan terhadap narapidana tersebut.

“Kami koordinasi untuk data para narapidana yang sudah dibebaskan ini supaya bisa dipantau bersama-sama, dari intelijen dan tim di lapangan,” kata Yusri ketika dikonfirmasi, Sabtu (11/4).

Apalagi, kata Yusri, pembebasan yang dilakukan terhadap 35 ribu narapidana dan anak bukan pembebasan murni, melainkan pembebasan terkait pandemi Covid-19.

Mantan Kapolres Tanjungpinang ini pun memastikan, setiap pergerakan para narapidana dan anak akan terus dipantau oleh pihak kepolisian meski sudah bebas.

“Tentu kami pantau semua, data mereka sudah kami kumpulkan, kemudian nanti ada tim juga yang memantau pergerakan mereka, sehingga jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tandas Yusri. (cuy/jpnn)

Polisi akan memantau napi yang bebas setelah mendapat program asimilasi dan integrasi berkenaan dengan pandemi Corona.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close