Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemensos Siap Memperluas Kolaborasi dengan Alumni ITS

Senin, 23 Oktober 2023 – 16:03 WIB
Kemensos Siap Memperluas Kolaborasi dengan Alumni ITS - JPNN.COM
Mensos Tri Rismaharini menjadi keynote speaker Forum Group Discussion IKA ITS PWJR. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan Kementerian Sosial telah merealisasikan banyak program, khususnya untuk pemberdayaan masyarakat di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) dan membantu mempercepat transisi energi.

Bu Risma mengatakan hal itu saat menjadi keynote speaker dalam diskusi yang digelar oleh Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jakarta Raya (IKA ITS PWJR), Forum Group Discussion Social and Clean Energy Acsess, Sabtu (21/10).

"Kami di Kemensos terus berupaya untuk mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di 3T dengan memberdayakan masyarakat, memberikan ilmu dan teknologi sehingga berkesinambungan pemanfaatannya,” tutur Risma.

Mensos menyampaikan bahwa pembangunan yang selama ini dilakukan jajarannya di berbagai wilayah, telah memanfaatkan sumber energi EBT yakni solar cell.

“Kami membangun perumahan warga korban banjir di Sentani, Papua, infrastruktur kelistrikannya memanfaatkan panel surya. Sebagian program ini merupakan hasil kolaborasi alumni ITS," ujar Bu Risma.

"Kami sengaja siapkan listrik warga ini diproduksi dari panel surya karena warga disana merupakan masyarakat berpenghasilan rendah, sehingga apabila kita membuat instalasi yang berbayar mereka akan kesulitan membayarnya,” imbuhnya.

Kemensos juga merealisasikan sejumlah program membangun daerah dan sumber daya manusia di wilayah lain seperti Doyo Baru (Kabupaten Jayapura), Agats (Asmat), Jambi, Gunung Kidul (Yogyakarta), bahkan Jakarta.

Kemensos telah membuat integrated treatment plan, sea water reserve osmosis sesuai kebutuhan masing-masing wilayah dengan menggunakan solar cell.

Kemensos telah merealisasikan banyak program, khususnya untuk pemberdayaan masyarakat di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close