Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Kementan Harap Bulog Serap Penuh Panen Padi

Sabtu, 06 Maret 2021 – 15:22 WIB
Kementan Harap Bulog Serap Penuh Panen Padi - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian berharap Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) bisa menyerap penuh hasil panen padi mengingat ada potensi kenaikan produksi.

“Kami berharap Bulog dan pasar domestik dapat menyerap secara penuh hasil petani. Kita harus bangga negara bisa menyiapkan sendiri stok pangan untuk negeri,” kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Sabtu (6/3).

Menurut dia, Kementan juga akan mengawal jalannya masa panen di semua wilayah Indonesia.

"Karena potensi produksi yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) bisa memberikan harapan positif bagi kesejahteraan petani," ujar dia.

Kuntoro memperkirakan terjadi kenaikan produksi gabah kering giling (GKG) sebesar 5,37 juta ton dibandingkan triwulan pertama 2020 yang hanya 19,99 juta ton GKG.

Dia menyebutkan, bila potensi kenaikan tersebut benar terjadi, maka produksi yang tinggi harus mendapatkan prioritas untuk diserap pasar,'

"Sehingga berdampak langsung pada kesejahteraan petani," ungkap dia.

Selain itu, lanjut Kuntoro, upaya peningkatan produktivitas padi juga terus berjalan melalui program food estate yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo.