Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan Launching Smart Green House Eduwisata di Polbangtan Bogor

Senin, 14 Desember 2020 – 22:03 WIB
Kementan Launching Smart Green House Eduwisata di Polbangtan Bogor - JPNN.COM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Humas Kementan.

jpnn.com, BOGOR - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan me-launching Smart Green House Eduwisata di Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor, Jawa Barat, Senin (14/12).

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa Smart Green House adalah inovasi terbaru yang mampu mengendalikan suhu microclimate pada sebuah lahan pertanian modern.

Penggunaan green house diyakini dapat menghasilkan produksi pangan berkualitas yang berbasis pada konsumusi dalam negeri serta peningkatan ekspor.

"Smart Green House itu sebetulnya bagian dari smart agriculture yang sedang kami bangun sesuai arahan Bapak Menteri (Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo)," kata Dedi, Senin (14/12).

Jadi, Dedi menegaskan bahwa pada intinya ini adalah pertanian modern yang memanfaatkan informasi teknologi khususnya internet of thing atau artifisial intelijen.

"Jadi semua yang di sini sudah menggunakan sensor yang dilengkapi dengan big data," ungkap Dedi.

Dia menjelaskan, penggunaan green house juga mampu mengatur suhu optimal pada tanaman hortikultura antara 15 sampai 20 derajat celcius.

Untuk tanaman padi dan jagung, bisa diatur sampai 25-30 derajat celcius. Semua pola tanam ini diatur dan dikendalikan dengan sensor suhu dan sensor nutrisi, sehingga mampu menjaga kelembaban udara dengan baik.

Smart Green House adalah inovasi terbaru yang mampu mengendalikan suhu microclimate pada sebuah lahan pertanian modern.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close