Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan Serahkan Tanda Daftar Varietas Mangga Keraton Yogyakarta

Sabtu, 15 Juni 2024 – 15:31 WIB
Kementan Serahkan Tanda Daftar Varietas Mangga Keraton Yogyakarta - JPNN.COM
Kementerian Pertanian (Kementan) menyerahkan tanda daftar varietas (TDV) Mangga Keraton Yogyakarta, yaitu Cempura dan Semar. Foto: dok Kementan

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menyerahkan tanda daftar varietas (TDV) Mangga Keraton Yogyakarta, yaitu Cempura dan Semar.

Keduanya merupakan varietas lokal asli daerah yang sejak lama sudah menjadi kebanggaan masyarakat sekitar.

Sesditjen/Plh. Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Muhammad Taufiq Ratule mengatakan seusai didaftarkan kedua varietas tersebut nantinya akan segera dirilis dan dipublikasi melalui Direktorat Jenderal Hortikultura.

"Oleh karena itu, upaya eksplorasi dan pendaftaran varietas lokal harus menjadi fokus kerja sama antara Dinas Pertanian, BRIN, BSIP Yogyakarta maupun BP3MBTP (Balai Pengembangan Perbenihan dan Pengawasan Mutu Benih Tanaman Pertanian (BP3MBTP)," ujar Taufiq saat menghadiri Gelar Potensi Pertanian (GPP) 2024 di Balaikota Yogyakarta, Rabu, 12 Juni 2024.

Menurut dia, pendaftaran varietas lokal sudah sejalan dengan program yang dicanangkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk meningkatkan berbagai produksi nasional guna mengantisipasi cuaca ekstrem yang dapat menurunkan produksi dan juga berdampak pada kelaparan.

"Ingat saat ini sedang terjadi krisis pangan global. Maka penting bagi kita untuk memikirkan bagaimana mengamankan pangan dalam arti luas.," katanya.

Sebagai informasi, tanda daftar cempura dan semar diserahkan langsung kepada Sekretaris Daerah Provinsi Yogyakarta, Beny Suharsono, dan disaksikan Pj Walikota Yogyakarta, Sugeng Purwadi.

Kota Yogyakarta juga memiliki satu varietas lainya yang juga telah terdaftar di Pusat PVTPP, yaitu varietas duku bernama Asli Nitikan.

Kementerian Pertanian (Kementan) menyerahkan tanda daftar varietas (TDV) Mangga Keraton Yogyakarta, yaitu Cempura dan Semar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close