Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementerian PUPR Siap Bantu Penataan Hunian di Samosir

Kamis, 24 Juni 2021 – 18:21 WIB
Kementerian PUPR Siap Bantu Penataan Hunian di Samosir - JPNN.COM
Direktorat Jenderal Perumahan akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam hal penataan hunian di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Foto: Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam hal penataan hunian di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan adanya hunian yang layak huni diharapkan dapat mendorong daerah tersebut menjadi lebih tertata.

Di samping itu meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar yang terdampak pandemi Covid -19.

“Kami siap menata rumah-rumah tidak layak huni menjadi lebih layak di Kabupaten Samosir,” ujar dia saat menerima kunjungan serta audiensi Bupati Samosir Vandiko T. Gultom di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (24/6).

Khalawi menerangkan salah satu bentuk bantuan pemerintah untuk penataan hunian masyarakat adalah melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya.

Melalui kegiatan yang lebih dikenal dengan istilah bedah rumah secara swadaya, masyarakat nantinya akan dibentuk kelompok-kelompok untuk melaksanakan pembangunan secara gotong royong.

“Program BSPS atau edah rumah merupakan salah satu program unggulan perumahan yang di dorong oleh Kementerian PUPR untuk meningkatkan jumlah rumah layak huni serta kesejahteraan masyarakat di Indonesia,” terangnya.

Menurut Khalawi, di masa pandemi ini masih banyak daerah yang mengalami masalah seperti pengentasan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).
Untuk itu, pihaknya juga siap membantu Pemda mengentaskan RTLH sekaligus mendorong pariwisata daerah melalui Program Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta).

“Pelaksanaan Sarhunta salah satunya dilaksanakan di Kabupaten Samosir. Kami siap membantu Pemerintah Kabupaten Samosir yang ingin mengentaskan masalah rumah tidak layak huni di daerah,” terangnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam hal penataan hunian di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close