Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemesraan PDIP - Gerindra Demi Proyek Jangka Panjang, Apa tuh?

Rabu, 14 Agustus 2019 – 17:25 WIB
Kemesraan PDIP - Gerindra Demi Proyek Jangka Panjang, Apa tuh? - JPNN.COM
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menjamu Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Jakarta, Rabu (24/7). Foto: dokumentasi pribadi Hasto Kristiyanto

jpnn.com, JAKARTA - Hubungan PDI Perjuangan dengan Partai Gerindra semakin mesra setelah rangkaian Pilpres 2019 berakhir.

Kemesraan itu dibuktikan ketika Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengundang Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ke Kongres V partai berlambang kepala Banteng moncong putih.

Sebaliknya, Megawati diundang menghadiri Rapat Kerja Nasional Gerindra yang sedianya dilaksanakan di Hambalang, Jawa Barat, pada September 2019.

Pengamat politik Satyo Purwanto menilai kemesraan PDI Perjuangan dengan Gerindra tidak berkaitan dengan penguatan nilai tawar alias bargaining di mata Presiden Jokowi agar memperoleh kursi kabinet.

"Pusaran baru antara PDIP dan Gerindra itu bisa diartikan itu kepentingan yang bukan kebutuhan dalam konteks pemilihan menteri di kabinet Jokowi," kata Satyo saat dihubungi jpnn.com, Rabu (14/8).

BACA JUGA: Masuk Istana, Andre Rosiade Sebut Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Luar Biasa

Menurut Satyo, kemesraan PDI Perjuangan dengan Gerindra berkaitan dengan 2024. Terbuka kemungkinan kedua partai akan bersatu untuk mengusung calon tertentu sebagai pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2024.

"Saya melihat ini proyek jangka panjang PDI Perjuangan dan Gerindra. Bukan nilai tawar untuk mendapatkan posisi di kabinet. Itu terkait pemilu berikutnya di 2024," ucap dia.

Satyo Purwanto menilai kemesraan PDIP dengan Gerindra tidak berkaitan dengan urusan kursi menteri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close