Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemnaker Gelar KKIN Tingkat Nasional di Sorong, 140 Kompetitor Bersaing Unjuk Keahlian

Selasa, 03 September 2024 – 16:25 WIB
Kemnaker Gelar KKIN Tingkat Nasional di Sorong, 140 Kompetitor Bersaing Unjuk Keahlian - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menghadiri pembukaan Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) Kementerian Ketenagakerjaan IX Tahun 2024 tingkat nasional di Sorong, Papua Barat. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, SORONG - Sebanyak 140 instruktur pendidikan kerja bidang vokasi saling mengadu kreativitas dalam Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) Kementerian Ketenagakerjaan IX Tahun 2024 tingkat nasional yang dilaksanakan di Sorong, Papua Barat pada 2-7 September 2024.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam sambutannya saat membuka KKIN menyampaikan instruktur merupakan aktor utama di dalam pelatihan vokasi yang berfungsi sebagai fasilitator dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perubahan sikap, dan perilaku (etos kerja) dari SDM pelatihan.

"Seorang instruktur harus memiliki kompetensi keahlian atau teknis dan metodologi sehingga perannya sangatlah strategis sebagai ujung tombak dalam mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing menuju Indonesia Emas 2045," kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan resminya, Selasa (3/9).

Sebanyak 14 bidang keahlian akan dikompetisikan dalam KKIN IX tingkat nasional di Sorong.

Meliputi instalasi listrik, elektronika, las, pendingin dan tata udara, otomotif sepeda motor, otomotif kendaraan ringan, desain grafis, perancangan rekayasa mekanik CAD, solusi perangkat lunak teknologi informasi untuk bisnis, tata busana, kecantikan, pelayanan restoran, pembuatan kabinet dan barista.

"Masing-masing bidang keahlian tersebut akan diikuti oleh sepuluh kompetitor yang akan bersaing untuk menunjukkan keahlian mereka," sebut Menaker Ida Fauziyah.

Mereka merupakan para juara 1 dan 2 dari KKIN IX tingkat regional yang digelar di Balai Pelatihan Vokasi & Produktivitas (BPVP) Surakarta, BPVP Padang, BPVP Samarinda, BPVP Sidoarjo, dan BBPVP Makassar.

Menaker Ida menambahkan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kompetensi instruktur adalah melalui kompetisi antarinstruktur.

Sebanyak 140 kompetitor bersaing unjuk kehalian dalam KKIN Tingkat Nasional yang digelar Kemnaker di Sorong, Papua Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA