Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemnaker dan Apindo Teken Nota Kesepahaman Bersama, Menaker Ida: Ini Merupakan Sejarah

Sabtu, 31 Agustus 2024 – 08:02 WIB
Kemnaker dan Apindo Teken Nota Kesepahaman Bersama, Menaker Ida: Ini Merupakan Sejarah - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (tiga dari kiri) saat menghadiri Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional (Rakerkonas) Ke-33 Apindo di Surabaya, Kamis (29/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menandatangani Nota Kesepahaman Bersama.

Kegiatan tersebut berlangsung di sela-sela acara Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional (Rakerkonas) Ke-33 Apindo di Surabaya, Kamis (29/8).

Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama ini merupakan wujud komitmen pemerintah melalui Kemnaker untuk terus memperkuat kolaborasi ketenagakerjaan dengan Apindo.

Adapun isi Nota Kesepahaman Bersama antara Kemnaker dengan Apindo tentang percepatan pelaksanaan struktur dan skala upah, hubungan industrial Pancasila, kesehatan dan keselamatan kerja, informasi lowongan pekerjaan dan pemagangan di perusahaan.

"Hal ini merupakan sejarah, karena merupakan yang pertama kalinya. Semoga nota kesepahaman ini menjadi pondasi yang fundamental di bidang ketenagakerjaan," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangannya yang dikutip, Sabtu (31/8).

Dia mengatakan ada banyak isu ketenagakerjaan yang penyelesaiaannya tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja sehingga kolaborasi antara pemerintah dengan Apindo ini diharapkan akan menjadi salah satu upaya penyelesaian sejumlah isu ketenagakerjaan tersebut.

"Jika pemerintah dan Apindo dapat berkolaborasi dengan baik, sehat dan harmonis, akan membuka kesempatan-kesempatan baik dalam kelangsungan usaha serta mendorong kemajuan usaha, yang pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan penyerapan tenaga kerja," ujarnya.

Menaker Ida Fauziyah pun memberi catatan salah satu isu yang harus terus dikolaborasikan, yakni isu pemagangan.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama merupakan wujud komitmen pemerintah melalui Kemnaker untuk terus memperkuat kolaborasi ketenagakerjaan dengan Apindo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA