Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemnaker Minta Dukungan ILO untuk Penanganan Dampak Pandemi Covid-19

Rabu, 09 Juni 2021 – 12:11 WIB
Kemnaker Minta Dukungan ILO untuk Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta dukungan Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization/ILO) atas upaya penanggulangan pandemi Covid-19 Foto: Humas Kemnaker RI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta dukungan Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization/ILO) atas berbagai upaya yang telah dilakukan Indonesia dan stakeholders dalam menangani dampak pandemi Covid-19 di sektor ketenagakerjaan.

"Selama ini pemerintah telah bekerja sama dengan pekerja dan pengusaha dalam menangani dampak pandemi. Namun, dukungan signifikan dari ILO tetap dibutuhkan untuk mendukung apa yang kami lakukan dalam menangani dampak pandemi ini," kata Ida pada forum Konferensi Perburuhan Internasional secara daring, Senin (7/6).

Ida menjelaskan dalam upaya membangun dunia kerja terdampak Covid-19, Pemerintah Indonesia telah menerapkan delapan kebijakan utama.

Dia memerinci kebijakan dimulai dari stimulus ekonomi untuk bisnis hingga program tunjangan bagi pekerja yang diberhentikan. Program ini dilakukan untuk memfasilitasi 56 juta pekerja formal hingga jaring pengaman sosial bagi lebih dari 70 juta pekerja informal.

Selain itu, Indonesia telah merevitalisasi UU Ketenagakerjaan melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dengan tujuan menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan investasi asing dan domestik.

"Berbagai kebijakan yang telah dilakukan pemerintah, ada tiga pilar penting untuk menavigasi masa depan kerja global," ungkap Ida.

Pertama, lanjut Ida, investasi di bidang utama pekerjaan yang layak dan berkelanjutan.

Politikus PKB itu menekankan konsep pembelajaran seumur hidup harus menjadi bagian integral dari masyarakat dan investasi swasta untuk mengurangi kesenjangan keterampilan.
Apalagi, keterampilan menjadi hal wajib dalam menghadapi dunia ketenagakerjaan yang semakin dinamis/fleksibel.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta dukungan Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization/ILO) atas upaya Pemerintah Indonesia menanggulangi dampak Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close