Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Kemnaker Perkuat Inovasi Pelaksanaan K3 di Perusahaan

Selasa, 30 Maret 2021 – 19:31 WIB
Kemnaker Perkuat Inovasi Pelaksanaan K3 di Perusahaan - JPNN.COM
Kementerian Ketenagakerjaan menggelar Indonesia Conference & Competition of Occupational Safety and Health (OSH). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan menggelar Indonesia Conference & Competition of Occupational Safety and Health (OSH).

Direktur Pengawasan Norma K3 Ghazmahadi mengatakan acara tersebut digelar dalam rangka memeriahkan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2021.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kemnaker untuk terus meningkatkan dan memperkuat inovasi baru terhadap pelaksanaan K3 di tengah perubahan masyarakat dan revolusi industri yang kian melesat.

"Kemnaker mendorong semua pihak agar terus menerus mempromosikan K3 dalam rangka meningkatkan perlindungan pekerja dan keberlangsungan usaha untuk mendorong produktivitas, " ujar Ghazmahadi saat menyampaikan sambutan secara virtual di acara Indonesia Conference & Competition OSH di Jakarta, Selasa (30/3).

Ghazmahadi menjelaskan dalam upaya memperkuat Budaya K3 perlu mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan perlindungan pekerja/buruh dan keberlangsungan usaha.

"K3 adalah salah satu isu yang mampu menjembatani kedua kepentingan ini. K3 bahkan adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas," kata dia.

Dia menilai budaya K3 harus dijadikan suatu mindset yang senantiasa terus dikembangkan. Pihaknya berharap seluruh masyarakat semakin memahami untuk memulai budaya K3 yang sederhana, mudah, dan murah.

Ghazmahadi mencontohkan membersihkan tempat kerja satu kali satu hari secara teratur akan menyumbang menurunnya jumlah pekerja/buruh yang sakit karena terpapar debu, terjatuh karena lantai licin, dan lain-lain.