Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kenali 7 Tanda Tubuh Sudah Kelebihan Gula

Minggu, 10 Maret 2019 – 13:29 WIB
Kenali 7 Tanda Tubuh Sudah Kelebihan Gula - JPNN.COM
Ilustrasi gula. (Foto: google/jpnn)

jpnn.com - Gula merupakan sumber energi bagi tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, tentunya tidak akan memberikan manfaat apa pun untuk kesehatan. Salah satu penyakit yang erat kaitannya dengan konsumsi gula tinggi adalah diabetes mellitus.

Pada diabetes mellitus, pankreas mengalami kerusakan sehingga tidak bisa memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Bila tidak diatasi dengan baik, diabetes mellitus ini dapat memicu berbagai komplikasi pada organ lain. Mulai dari mata, jantung, hingga ginjal.

Untuk itu, mulai sekarang batasilah konsumsi gula Anda. Menurut American Heart Association, batasan konsumsi gula tambahan bagi pria adalah 36 gram atau setara 9 sendok teh, sementara bagi wanita 24 gram atau setara 6 sendok teh.

Jika Anda belum yakin apakah Anda sudah terlalu banyak mengonsumsi gula atau tidak, mungkin bisa mengamati tanda-tanda berikut ini. Bila Anda mengalami beberapa di antaranya atau bahkan semuanya, bisa jadi tubuh Anda sudah kelebihan gula.  

1. Berat badan tidak ideal

Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa meningkatkan berat badan secara signifikan. Jika dibiarkan terus-menerus, Anda dapat terkena obesitas yang kemudian memicu berbagai gangguan metabolik. Salah satunya adalah penyakit diabetes mellitus.

Saat telah mengalami diabetes mellitus, berat badan bisa mendadak turun drastis tanpa sebab yang jelas padahal Anda makan cukup banyak. Hal ini terjadi karena kadar insulin tidak mampu memetabolisme glukosa, sehingga tubuh beralih ke pembakaran lemak untuk mempertahankan metabolisme sel.

2. Merasa haus terus dan mulut kering

Gula bisa bikin kecanduan layaknya narkoba. Orang yang terlalu banyak mengonsumsi gula akan terbiasa dengan rasa yang manis, sehingga selalu menginginkannya bahkan hingga ketagihan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close