Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kenali Lebih Jauh Tentang Penyakit Psoriasis

Selasa, 29 Oktober 2019 – 14:08 WIB
Kenali Lebih Jauh Tentang Penyakit Psoriasis - JPNN.COM
Ilustrasi kulit. Foto: Pixabay

jpnn.com - Penyakit autoimun atau gangguan sistem daya tahan tubuh semakin banyak dibicarakan. Salah satunya adalah penyakit psoriasis. Kondisi ini tergolong sebagai kelainan autoimun kronis dan memengaruhi kulit.

Apa itu Psoriasis?

Psoriasis adalah salah satu kelainan kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kulit yang jauh lebih cepat dibandingkan normal. Kondisi ini membuat kulit menumpuk dengan permukaan bersisik.

Selain bersisik, sering juga timbul bercak kemerahan dan rasa gatal di sekitar area yang mengalami penumpukan sel kulit tersebut.

Kondisi ini dapat terjadi pada seluruh tubuh. Namun, percepatan pertumbuhan kulit paling sering terjadi pada lengan, tungkai, leher, kepala, dan wajah. Terkadang, kelainan ini juga dapat memengaruhi kuku, mulut, dan selangkangan.

Gejala psoriasis dapat berbeda pada masing-masing orang. Namun, pada umumnya dapat mencakup satu atau lebih gejala di bawah ini:

  • Bercak kemerahan pada kulit, sering ditutupi dengan sisik sel kulit sebelumnya. Bercak-bercak ini mungkin terasa gatal dan menyakitkan, bahkan dapat pecah dan berdarah.
  • Gangguan pada kuku tangan dan kuku kaki, termasuk perubahan warna kuku.
  • Kulit kering.
  • Rasa gatal disertai nyeri sendi, bengkak, dan kaku.

Di sisi lain, penyebab pasti psoriasis belum dipahami. Namun, diduga terdapat peran penting dari faktor genetika yang memengaruhi sistem daya tahan tubuh seseorang.

Meskipun tidak diketahui penyebab utamanya, terdapat beberapa hal yang dapat mencetuskan timbulnya gejala psoriasis kembali. Misalnya, stres, konsumsi alkohol, adanya infeksi atau cedera pada kulit, serta konsumsi beberapa jenis obat.

Psoriasis adalah salah satu kelainan kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kulit yang jauh lebih cepat dibandingkan normal. Kondisi ini membuat kulit menumpuk dengan permukaan bersisik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close