Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kenapa Jokowi Lebih Percaya Luhut ketimbang Airlangga? Konon Inilah Alasannya

Minggu, 10 Oktober 2021 – 18:58 WIB
Kenapa Jokowi Lebih Percaya Luhut ketimbang Airlangga? Konon Inilah Alasannya - JPNN.COM
Presiden Jokowi didampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut BInsar Panjaitan, meninjau Food estate di Humbahas, Sumut, Selasa (27/10). Foto: Humas Kementan RI.

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin melihat Presiden Jokowi lebih nyaman dengan Luhut Binsar Panjaitan dibanding Airlangga Hartarto. Hal itulah yang membuat Presiden Jokowi memilih Luhut menggantikan Airlangga untuk memimpin proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung.

"Luhut dan Jokowi itu teman lama. Teman sebulum dia jadi gubernur dan presiden. Teman bisnis ketika Jokowi jadi wali kota. Luhut sangat kuat positioning-nya di mata Jokowi. Jadi apa yang Luhut minta diberi Jokowi," kata dia saat dihubungi, Minggu (10/10).

Oleh karena pengalaman itu, pria yang akrab disapa Kang Ujang itu menilai wajar Luhut memiliki kewenangan yang lebih luas di pemerintahan dibanding Ketua Umum Golkar itu

"Mungkin karena Luhut lebih senior dan sudah lama berkawan dengan Jokowi dibandingkan dengan Airlangga. Dan mungkin juga dengan adanya Luhut, Jokowi jadi tenang," kata dia.

Meski demikian, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review itu melihat penunjukan Luhut menggantikan Airlangga bukan sebagai bentuk penyingkiran. Dia menilai baik Luhut dan Airlangga sudah banyak menerima dari pemerintahan Jokowi.

"Justru Luhut dan Airlangga menang banyak, karena kedua tokoh Golkar tersebut diberi wewenang dan kepercayaan dari Jokowi soal penanganan PPKM, baik di Jawa maupun luar Jawa," kata dia. (tan/jpnn)

 

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Presiden Jokowi dinilai lebih nyaman dengan Luhut Binsar Panjaitan dibanding Airlangga Hartarto. Luhut dianggap lebih mengenal presiden.

Redaktur : Adil
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close