Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kenduri Swarnabhumi 2024 Dorong Kemandirian Masyarakat DAS Batanghari

Jumat, 07 Juni 2024 – 22:41 WIB
Kenduri Swarnabhumi 2024 Dorong Kemandirian Masyarakat DAS Batanghari - JPNN.COM
Kenduri Swarnabhumi 2024, sebuah rangkaian festival budaya tahunan masyarakat sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari. Foto: dok Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kenduri Swarnabhumi tahun ini makin mengukuhkan semangat gotong royong dan kearifan lokal masyarakat dalam menampilkan kekayaan budaya lokal, serta memuliakan ekosistem Sungai Batanghari sebagai urat nadi peradaban. 

Seperti diketahui, Kenduri Swarnabhumi 2024, sebuah rangkaian festival budaya tahunan masyarakat sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari yang bertema  “Menghubungkan Kembali Masyarakat dengan Peradaban Sungai Batanghari” menyoroti pentingnya kemandirian dalam melestarikan kearifan lokal sebagai warisan leluhur dengan membentuk serta menguatkan tim kurator lokal dan direktur festival lokal. 

Adapun tim kurator lokal yang terbentuk, berjumlah 6 orang yang masing-masing mengakurasi 2 wilayah dan berkoordinasi dengan 2 direktur festival lokal yang tersebar di DAS Batanghari. 

Tahun ini, rangkaian festival budaya Kenduri Swarnabhumi akan digelar di 10 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi dan 1 Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat. 

Pegiat Budaya sekaligus Kurator Lokal Kenduri Swarnabhumi 2024 Wilayah Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo Ja’far Rassuh menjelaskan kemandirian masyarakat setempat dalam menggelar Kenduri Swarnabhumi menjadi pilar utama dalam menjaga tradisi ini tetap hidup dan relevan di tengah arus modernisasi. 

“Kenduri bukan sekadar festival, tetapi juga cerminan dari kekuatan dan kemandirian masyarakat lokal. Dengan kemandirian, kita dapat menjaga dan melestarikan tradisi ini tanpa harus bergantung pada pihak luar,” ujar Ja'far di kutip, Jumat (7/6).

Menurutnya, kenduri merupakan wadah bagi masyarakat untuk berkumpul, berbagi, dan memperkuat ikatan sosial. Dengan tetap mandiri, setiap elemen dalam masyarakat dapat berkontribusi dan merasakan manfaat dari kegiatan ini, mulai dari penyediaan bahan-bahan lokal hingga partisipasi dalam berbagai kegiatan seni dan budaya.

Ja'far menilai keterlibatan masyarakat lokal dalam Kenduri Swarnabhumi 2024 adalah langkah yang tepat dalam menjaga dan melestarikan budaya di mana mereka hidup dan bertumbuh di tanah Jambi. 

Kenduri Swarnabhumi 2024, sebuah rangkaian festival budaya tahunan masyarakat sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close