Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala BIN Sebut IKN Nusantara Perpaduan Harmonis dan Modern

Jumat, 18 Februari 2022 – 14:21 WIB
Kepala BIN Sebut IKN Nusantara Perpaduan Harmonis dan Modern - JPNN.COM
Presiden Jokowi saat meninjau lokasi untuk ibu kota negara atau IKN Nusantara. Foto: M Fathra Nazrul Islam/dokumentasi JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (purn) Budi Gunawan menyebut ibu kota negara (IKN) Nusantara yang ada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bakal menerapkan konsep smart city modern.

Budi menegaskan IKN Nusantara adalah representasi masyarakat Indonesia yang berkembang lebih modern dengan tujuan masa depan bersama dan berpikir jauh ke depan.

IKN Nusantara juga bakal membuat wajah Indonesia berbeda dengan sebelumnya. Dan juga banyak hal positif yang diambil Indonesia dengan berpindahnya ibu kota negara ini.

“Konsep yang diusung akan berbeda. Letak geografis di IKN Nusantara memang perbukitan tapi akan diubah menjadi lebih indah dan hijau berkelanjutan,” kata Budi dalam siaran persnya, Jumat (18/2).

Pada IKN Nusantara itu, akan dibangun tol dan akan gedung-gedung yang mengusung smart city disertai taman-taman hijau untuk rekreasi sekaligus penata air.

“Kami akan ubah menjadi kota modern,” imbuh Budi.

Mantan Wakapolri ini menyebut akses menuju ke lokasi IKN Nusantara dari Balikpapan harus ditempuh dengan dua setengah jam. Namun, nantinya hanya maksimal satu jam.

Untuk itu, pembangunan tol hingga transportasi umum yang memadai dengan konsep modern akan dibangun untuk menunjang IKN Nusantara tanpa menghilangkan kearifan lokal.

Kepala BIN menyebut IKN Nusantara di Kaltim, merupakan perpaduan harmonis tradisi dan modern.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close