Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala BIN Sebut Kebhinekaan Bakal Berdaya Guna di IKN Nusantara

Jumat, 04 Maret 2022 – 20:41 WIB
Kepala BIN Sebut Kebhinekaan Bakal Berdaya Guna di IKN Nusantara - JPNN.COM
Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan. Foto: dok. BIN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan mengatakan salah satu parameter keberhasilan pembangunan ibu kota negara (IKN) nanti adalah terjadinya sinergi sosiokultural warga yang berasal dari latar belakang berbeda.

Dia menyebut pada awalnya ada banyak ragam pengelompokan warga berdasarkan banyak kriteria, namun karena proses interaksi sosial yang sehat.

Pada akhirnya mereka akan melebur menjadi masyarakat multikultur yang kohesif, unggul, dan berdaya guna.

Budi menegaskan bahwa hal itu menjadi bukti pembangunan IKN Nusantara bukan semata persoalan pembangunan fisik sarana-prasarana atau infrastruktur.

“Pembangunan IKN Nusantara adalah upaya mengakselerasi transformasi sosial menuju terciptanya masyarakat Indonesia yang berperadaban tinggi dan maju serta mampu beradaptasi dengan tuntutan zamannya,” ujar dia dalam siaran persnya, Jumat (4/3).

Eks Wakapolri ini menerangkan visi tentang pembangunan manusia ini harus disadari para penghuni IKN Nusantara sejak awal.

Dengan menyadari hal ini, setiap individu penghuni IKN Nusantara akan mengalami peningkatan absorptive capacity atau kapasitas menerima perubahan, keragaman, dan perbedaan.

Mereka juga akan aktif dalam setiap tahapan interaksi sosial yang harus dilalui untuk membentuk masyarakat multi-kultur yang kohesif, unggul, dan berdaya-guna.

Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan bahwa kebhinekaan akan berdaya guna di IKN Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close