Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi Meneguhkan Peran TNI dalam Menjaga Daerah 3T

Minggu, 18 Desember 2022 – 17:33 WIB
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi Meneguhkan Peran TNI dalam Menjaga Daerah 3T - JPNN.COM
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi saat memberikan pengarahan kepada prajurit TNI di Batalyon Komposit 1/Gardapati yang bertugas menjaga daerah 3T di Natuna. Foto: Dokumentasi Humas BPIP

jpnn.com, NATUNA - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi mengunjungi Batalyon Komposit 1/Gardapati, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Kunjungan tersebut dilakukan Prof Yudian untuk memberikan semangat dan motivasi kepada prajurit TNI yang bertugas di daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T) Natuna.

Sebagai titik terluar Indonesia, Natuna memiliki akar historis yang kuat sebagai tempat berlabuh bagi beragam suku bangsa.

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi Meneguhkan Peran TNI dalam Menjaga Daerah 3T

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi menuliskan pesan dan kesan saat mengunjungi Batalyon Komposit 1/Gardapati. Foto: Dokumentasi Humas BPIP

"Dalam catatan historis, ada Kerajaan Sriwijaya yang saat itu menyinggahi Natuna sebagai tempat berteduh dari amukan badai Laut Cina Selatan yang ganas," kata Prof Yudian Wahyudi dalam kesempatan itu.

Dia menuturkan Kepulauan Natuna pada masa itu menjadi tempat berteduh sekaligus tempat mengisi air bersih dan perbekalan lainnya guna meneruskan pelayaran.

"Pelayaran yang melewati Kepulauan Natuna pada masa itu dilakukan. karena aktivitas perdagangan dengan China, Siam dan Campa," terangnya.

Melalui akar historis itulah, lanjut Prof Yudian, Natuna sudah tercatat sebagai salah satu pusat jalur perdagangan internasional yang menghubungan Laut Tiongkok Selatan dengan Samudera Hindia.

Kepala BPIP Prof Yudian membeberkan memberikan semangat dan motivasi kepada prajurit TNI di Batalyon Komposit/Gardapati yang bertugas di daerah 3T Natuna

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close