Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala BSKDN: Efektivitas & Efisiensi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Harus jadi Prioritas

Membahas Inovasi Kota Solok

Selasa, 27 Agustus 2024 – 18:01 WIB
Kepala BSKDN: Efektivitas & Efisiensi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Harus jadi Prioritas - JPNN.COM
Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo saat menerima kunjungan Pemkot Solok, di Jakarta, Selasa, 27 Agustus 2024. Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (BSKDN Kemendagri) Yusharto Huntoyungo menegaskan pentingnya inovasi sebagai langkah strategis untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Hal itu disampaikan Yusharto Huntoyungo saat menerima kunjungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Provinsi Sumatera Barat, di Ruang Video Conference BSKDN, Jakarta, Selasa, 27 Agustus 2024.

"Definisi inovasi itu adalah segala sesuatu yang dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintah daerah menjadi lebih efektif dan efisien, dalam hal ini inovasi tidak berarti selalu lewat proses seperti laboratorium, tetapi juga bisa melalui proses replikasi," ungkap Yusharto.

Dia menjelaskan, replikasi inovasi dapat menjadi salah satu cara paling efisien yang dapat dipilih Pemkot Solok guna mempercepat peningkatan ekosistem inovasi di Kota Solok.

Terkait replikasi, Yusharto berpesan agar Pemkot Solok betul-betul memperhatikan aspek kebutuhan masyarakat, sehingga inovasi yang direplikasi tersebut dapat diterapkan dengan baik di Kota Solok.

"Tidak ada sehari tanpa inovasi, itu yang sudah harus menjadi paradigma sehari-hari bagi penyelenggara pemerintah daerah, termasuk Pemkot Solok ke depannya ekosistem inovasinya harus terus meningkat," tambahnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Yusharto juga menyatakan bahwa inovasi bukan hanya tentang penerapan teknologi baru, tetapi juga mencakup perbaikan proses kerja yang dapat menghasilkan pelayanan publik yang lebih baik, cepat, dan murah bagi masyarakat.

"Dengan sejumlah anggaran yang ada, perangkat daerah diminta untuk menyelesaikan (permasalahan penyelenggaraan pemerintahan daerah) dengan cepat. Mempercepat itulah yang dimaksud inovasi. Melakukannya dengan murah, menjadikannya lebih murah itu juga inovasi," terangnya.

Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo menegaskan pentingnya inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA