Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sekretaris BSKDN: Soft Skill ASN Penting untuk Optimalkan Pemanfaatan Riset & Inovasi

Selasa, 20 Agustus 2024 – 18:26 WIB
Sekretaris BSKDN: Soft Skill ASN Penting untuk Optimalkan Pemanfaatan Riset & Inovasi - JPNN.COM
Sekretaris BSKDN Kemendagri Noudy R.P. Tendean menjadi narasumber kegiatan Diseminasi Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Sulut di Manado, pada Rabu (20/8). Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - MANADO - Sekretaris Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (BSKDN Kemendagri) Noudy R.P. Tendean menegaskan pentingnya penguasaan soft skill bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) guna mengoptimalkan pemanfaatan riset dan inovasi.

Tidak terkecuali bagi ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut), yang terus berupaya memperkuat ekosistem inovasi di wilayahnya.

"Ada sejumlah soft skill yang harus dikuasai ASN untuk memanfaatkan riset dan terus berinovasi, di antaranya kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif, kemampuan berkoordinasi hingga kecerdasan emosional, sosial, spiritual serta moral," ungkap Noudy saat menjadi narasumber dalam kegiatan Diseminasi Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Sulut di Hotel Grand Whiz Megamas, Manado, pada Rabu (20/8).

Noudy mengatakan, dengan menguasai soft skill tersebut, ASN dapat lebih mudah berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk masyarakat, akademisi, sektor swasta hingga media.

"Jadi kita tidak bekerja sendiri, kita memanfaatkan stakeholder yang lain, tim ahli, masyarakat, media, perguruan tinggi untuk ada di dalam satu tim (mengembangkan inovasi)," jelasnya.

Lebih lanjut Noudy juga menyampaikan, ASN yang memiliki soft skill yang baik akan lebih mampu mengidentifikasi dan merespons tantangan yang muncul dalam proses pengembangan inovasi.

"Identifikasi masalah yang ada di lingkungan kerja Bapak/Ibu, ini akan melahirkan inovasi yang dapat menjadi solusi. Dalam hal ini, komitmen saja tidak cukup, tetapi harus konsisten untuk melaksanakan komitmen itu," tambahnya.

Noudy juga menegaskan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemprov Sulut untuk saling berkolaborasi, sehingga inovasi dapat berkembangan secara berkelanjutan sesuai dengan tujuan otonomi daerah.

Sekretaris BSKDN Kemendagri Noudy R.P. Tendean menegaskan pentingnya penguasaan soft skill bagi seluruh ASN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA