Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala NFA: Pemerataan Distribusi Kunci Menjaga Stabilitas Pangan

Sabtu, 24 September 2022 – 17:51 WIB
Kepala NFA: Pemerataan Distribusi Kunci Menjaga Stabilitas Pangan - JPNN.COM
Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi (kiri), saat pelepasan minyak goreng "Minyakita" bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Sabtu (24/9). Foto: Badan Pangan Nasional

jpnn.com, SURABAYA - Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan pemerataan distribusi pangan menjadi faktor yang menentukan stabilitas pangan tetap terjaga.

“Distribusi pangan yang merata dan terjangkau ke seluruh wilayah itu sangat penting untuk menjaga stabilitas pasokan, karena dampaknya tentu ke harga pangan. Bapak Presiden menekankan bahwa distribusi pangan ini harus kita jaga betul-betul,” ungkap Arief seusai mengikuti pelepasan minyak goreng “Minyakita” bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu (24/9).

Arief mengapresiasi kolaborasi pendistribusian Minyakita ke wilayah Indonesia bagian timur yang dilakukan bersama-sama kementerian dan lembaga, BUMN Pangan, pemerintah daerah, dan pelaku usaha.

"Saya mengapresiasi aksi bersama percepatan pendistribusian minyak goreng subsidi Minyakita, bersama Kemendag, Kemenhub, BUMN Pangan ID FOOD, dan stakeholder lainnya. Ini menjadi bukti bahwa Pemerintah selalu hadir untuk memastikan ketersediaan pasokan dan kestabilan harga bagi masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Marauke," ujar Arief.

"Hal ini tentunya dilaksanakan dengan semangat kolaboratif sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa prioritas utama pemerintah adalah pemenuhan kebutuhan rakyat dan harga pangan khususnya dalam kesempatan ini minyak goreng harus terjangkau oleh masyarakat," tambahnya.

Stabilitas pasokan dan harga pangan sangat penting karena berkontribusi signifikan terhadap pengendalian inflasi.

Tingkat Inflasi Indonesia (YoY) pada bulan Agustus 2022 sebesar 4,69 persen, menurun dari bulan Juli 2022 sebesar 4,94 persen.

Penurunan tingkat inflasi sangat dipengaruhi penurunan inflasi bidang pangan yang turun menjadi 8,93 persen dari 10,32 persen di bulan Juli 2022.

Distribusi pangan yang merata dan terjangkau ke seluruh wilayah sangat penting untuk menjaga stabilitas pasokan, karena dampaknya ke harga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close