Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala PPATK: Risiko Investasi Ilegal Sangat Berbahaya

Sabtu, 23 April 2022 – 21:00 WIB
Kepala PPATK: Risiko Investasi Ilegal Sangat Berbahaya - JPNN.COM
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, CEO Aplikasi Pintu Jeth Soetoy, dan Ira Koesno dalam webinar bertajuk ’Mau Tajir Instan? Hati-Hati Kena Pencucian Uang!” pada Sabtu (23/4)

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana mengatakan investasi ilegal makin marak lantaran ada beberapa orang yang ingin memperoleh keuntungan secara instan.

Padahal, ujar Ivan, risiko investasi ilegal tergolong sangat berbahaya, salah satunya ialah rentan terkena pencucian uang.

"Tidak ada investasi yang instan, semuanya perlu proses. Harus sakit dulu. Kuliah saja harus skripsi dulu baru lulus, bukan? Harus aware juga terhadap bahaya pencucian uang, karena risikonya kita yang hadapi sendiri,’’ ujar Ivan dalam webinar Forum Milenial Madjoe rintisan Ira Koesno Communications (IKComm) bertajuk ’’Mau Tajir Instan? Hati-Hati Kena Pencucian Uang!”, Sabtu (23/4).

Seperti diketahui, investasi ilegal belakangan menjadi salah satu isu yang disorot masyarakat tanah air. Isu ini bergulir seiring dengan penangkapan beberapa afiliator yang diduga melakukan penipuan dan pencucian uang, seperti Indra Kenz dan Doni Salmanan.

Ivan mengatakan investasi ilegal dianggap sebagai sisi buruk dari adanya perkembangan teknologi digital perbankan. Para pelaku kejahatan memanfaatkan kemajuan teknologi digital untuk melakukan hal tersebut.

“Kondisi ini menjadikan modus pencucian uang (money laundering) menjadi lebih masif, rumit, dan makin sulit diidentifikasi,’’ katanya.

Menurut Ivan, modus yang digunakan para pelaku untuk menyembunyikan atau menyamarkan dana hasil investasi ilegal tersebut juga kian beragam.

Beberapa di antaranya menyimpan dana dalam bentuk aset kripto, penggunaan rekening milik orang lain, serta mengalirkan dana ke berbagai rekening di beberapa bank dalam dan luar negeri guna mempersulit penelusuran transaksi.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana menegaskan bahwa tidak ada investasi yang instan. Menurutnya, risiko investasi ilegal sangat berbahaya. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close