Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala Syahbandar Pos Pelabuhan Pulau Sambu Terjaring OTT

Selasa, 06 November 2018 – 15:41 WIB
Kepala Syahbandar Pos Pelabuhan Pulau Sambu Terjaring OTT - JPNN.COM
Dirkrimsus Polda Kepri Kombes Rustam Mansur memperlihatkan barang bukti OTT Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Pulau Sambu dan Kepala Cabang PT Garuda Mahakam Pratama, Senin (5/11/2018). Foto: Batam Pos/JPG

jpnn.com, NONGSA - Jajaran Polda Kepri melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Pulau Sambu berinisial TS, dan Kepala Cabang PT Garuda Mahakam Pratama berinisial Es, Jumat (2/11) lalu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kepri Kombes Erlangga mengatakan, Ts menjabat sebagai Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Pulau Sambu sejak Agustus 2018 lalu. Awal mula terungkapnya adanya praktik suap ini kepada Ts ini bermula dari laporan masyarakat.

"Dari informasi ini, kemudian dilakukan pengembangan dengan adanya informasi pemberian uang untuk kelancaran dari pihak perusahaan agen pelayaran kepada pihak KSOP Pulau Sambu," ujarnya.

Dijelaskan Erlangga, uang kelancaran yang dimaksud itu agar kegiatan keagenan kapal yang dijalani PT Garuda Mahakam Pratama bisa berjalan dengan lancar. Baik itu dalam pengurusan administrasi bongkar muat, administrasi labuh jangkar hingga administrasi pelayaran kapal itu nantinya.

"Yang mana proses pemberian uangnya selalu dilakukan di Jakarta. Dan jadwal pemberian uang itu selalu dilakukan pada setiap akhir bulan, dari awal bulan Agustus, September, Oktober dan November. Sejak menjabat, ada uang kelancaran yang dilakukan agen kepada KSOP," tuturnya.

Dari adanya laporan masyarakat tersebut, dilakukan pengumpulan informasi dan penyelidikan sejak Kamis (1/11) lalu. Kemudian, saat pengumpulan informasi dan penyelidikan itu diketahui bahwa Kepala Cabang PT Garuda Mahakam, Es telah memesan tiket pesawat untuk keberangkatan ke Jakarata pada Jumat (2/11) pukul 14.40 WIB.

"Keberangkatan ini dengan maksud untuk memberikan uang kepada kepala KSOP ini, sesuai dengan jadwalnya. Kemudian kami lakukan pembuntutan mulai dari Batam sampai di Jakarta," bebernya.

Setelah mengikuti pergerakan Ts, akhirnya polisi Polda Kepri melakukan OTT sekitar pukul 19.30 WIB di salah satu restoran di kawasan Gandaria City Mal Jakarta. Dari OTT tersebut, diamankan uang sebesar 9.200 US Dolar yang disimpan di amplop yang telah diserahkan Kepala Cabang PT Garuda Mahakam Pratama kepada Kepala KSOP Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Pulau Sambu.

Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Pulau Sambu berinisial TS, dan Kepala Cabang PT Garuda Mahakam Pratama berinisial Es, ditangkap, Jumat (2/11) lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close