Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepemimpinan Politik Airlangga Membuka Ruang Lebih Besar Bagi Kaum Muda

Sabtu, 10 September 2022 – 05:29 WIB
Kepemimpinan Politik Airlangga Membuka Ruang Lebih Besar Bagi Kaum Muda - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berpose bersama legenda sepak bola asal Brasil Ronaldinho di Lapangan Banten, Jakarta, Senin (27/6/2022) (ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian)

jpnn.com, JAKARTA - Kemunculan Airlangga Hartarto sebagai salah satu pemimpin politik kontemporer dinilai membawa angin segar bagi eksistensi kalangan muda di kancah politik.

Ketua umum Partai Golkar tersebut dinilai memberikan ruang yang besar bagi politisi muda dalam panggung nasional maupun daerah.

Menurut peneliti Litbang Kompas Arita Nugraheni hal ini bisa menjadi modal bagi Partai Golkar menggaet pemilih muda di Pemilu 2024 nanti.

Dalam diskusi online 'Anak Muda Dalam Pusaran Politik' yang diadakan oleh platform media sosial @Golkar2024, Kamis (8/9), Arita menyatakan bahwa partai politik perlu lebih aktif dalam memahami dan melakukan pendekatan terhadap para pemilih muda yang jumlahnya sangat besar pada pemilu 2024 nanti.

Arita juga menjelaskan terkait perilaku memilih anak muda dan persepsi mereka terhadap politik. Menurutnya, anak muda menilai sosok calon pemimpin rakyat tidak hanya disebabkan oleh popularitas. Namun juga dinilai dari hasil, kinerja dan karya atau prestasi dari tokoh tersebut.

"Dari hasil penelitian kami, aspek kepedulian dan keberpihakan yang nyata dari seorang kandidat atau pemimpin publik terhadap berbagai kebutuhan dan aspirasi anak muda, justru akan sangat menentukan di mata pemilih muda dalam menentukan pilihannya saat pemilu", ungkap Arita.

Arita menyatakan bahwa di antara sejumlah nama kandidat yang muncul dalam survei, nama Airlangga Hartarto yang merupakan Menko Perekonomian memiliki atensi tersendiri di mata anak muda.

"Isu ekonomi, UMKM, lapangan kerja dan transformasi digital adalah isu anak muda. Saya juga lihat sejumlah pemimpin partai, anggota legislatif, para staf utama di Kemenko Perekonomian, sampai pendukung serta relawan Airlangga banyak diwarnai oleh wajah anak-anak muda berkualitas. Airlangga menurut saya memberikan ruang yang besar bagi anak-anak muda tampil," sambungnya.

Kemunculan Airlangga Hartarto sebagai salah satu pemimpin politik kontemporer dinilai memberikan harapan segar bagi kalangan muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close