Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepercayaan Bisa Menjadi Solusi Krisis Ekonomi

Selasa, 07 April 2009 – 12:15 WIB
Kepercayaan Bisa Menjadi Solusi Krisis Ekonomi - JPNN.COM
JAKARTA - Salah satu faktor penyebab krisis ekonomi global adalah karena adanya ketidakpercayaan pada semua sektor ekonomi. Ditambah lagi dengan aspek psikologis masyarakat yang pesimis kalau krisis ini lekas berakhir. Demikian antara lain diungkapkan oleh juru bicara (Jubir) Deplu RI, Dr Teuku Faizasyah, mengutip pemaparan pakar ekonomi Tomas Sedlacek, yang memaparkan makalah "Perkembangan Ekonomi Dunia dan Ceko" dalam kegiatan Diplomatic Lecture Series (DLS) di Praha, 6 April lalu.

Jadi, jelas Teuku Faizasyah lagi, sebagai bentuk penyelesaian, setidaknya satu hal yang harus dilakukan adalah memulai untuk menciptakan kembali kepercayaan masyarakat. Dengan demikian katanya, secara perlahan-lahan akan dapat membantu untuk memulihkan kondisi ekonomi.

Sedlacek yang juga Chief Macroeconomic Strategist Bank Nasional Ceko dan Vaclav Havel, seperti dikutip Teuku, dalam kesempatan itu menyatakan bahwa industri perbankan mampu bertahan karena adanya dukungan pemerintah. Sedlacek juga sempat membandingkan krisis ekonomi sekarang dengan yang telah terjadi pada era tahun 1930-an.

"Untuk kondisi di Ceko, menurut Sedlacek, meskipun terjadi penurunan kemampuan ekonomi dan merosotnya GDP, namun kondisi ekonomi Ceko dinilai masih relatif stabil. Krisis ekonomi ini masih bisa berjalan sampai tiga tahun. Tapi, karena saat ini masih berada di masa pertengahan, maka sulit diprediksikan kapan krisis ini akan berakhir," tutur Teuku Faizasyah pula.

JAKARTA - Salah satu faktor penyebab krisis ekonomi global adalah karena adanya ketidakpercayaan pada semua sektor ekonomi. Ditambah lagi dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close