Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kerajinan Kulit Reptil di Desa Ini Tembus Pasar Asia

Senin, 07 Oktober 2019 – 09:25 WIB
Kerajinan Kulit Reptil di Desa Ini Tembus Pasar Asia - JPNN.COM
Kerajinan kulit buaya dan ular industri rumahan di Desa Jeungjing, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, menembus pasar beberapa negara di Asia. Foto: Radar Banten

jpnn.com, TANGERANG - Kerajinan kulit buaya dan ular di Desa Jeungjing, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten, menembus pasar beberapa negara di Asia.

Berkaca dari itu, tahun ini Pemerintah Desa Jeungjing berencana mengalokasikan anggaran untuk membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di desanya.       

”Tahun ini, kami (Pemerintah Desa Jeungjing-red) sudah mengajukan penganggaran untuk UMKM. Mungkin kalau 2020 terlaksana, Pemerintah Desa Jeungjing bisa membantu permodalan beberapa home industry (industri rumahan) di desa ini,” ujar Kepala Desa Jeungjing Maryono Caprie yang diwakili staf Desa Jeungjing Suharta.

Suharta mengatakan, bahwa kerajinan kulit buaya dan ular yang diproduksi oleh CV Multi Gemilang ini menjadi perhatian Pemerintah Desa Jeungjing. Sebab, bukan hanya karena tas, dompet, dan ikat pinggang dari kulit dua jenis reptil tersebut mampu menarik perhatian konsumen dari luar negeri. Tetapi juga karena perjuangan Daud, Direktur CV Multi Gemilang, membesarkan bisnisnya.

Daud, ungkap Suharta, awalnya hanya seorang kurir bahan baku kerajinan yang sekarang membuatnya menjadi orang sukses ke beberapa kota di Indonesia. Daud kemudian termotivasi untuk membangun usahanya sendiri sebagai produsen. Pada 2014 pemilik CV Multi Gemilang itu memutuskan untuk terjun langsung dalam pengolahan kulit buaya dan ular.

Awalnya, ia hanya memasarkan produk kerjainannya itu di beberapa gerai kerajinan di Kabupaten Tangerang. Berkat keahlian pemasaran yang dimiliki Daud, kini, kerajinannya banyak diminati oleh konsumen dari Korea Selatan, Singapura, dan Vietnam.

”Untuk sekarang, alhamdulillah, banyak pesanan dari luar negeri. Setiap hari pasti kami kirim barangnya ke Korea. Mereka sudah pelanggan tetap. Pernah juga kami kirim ke Singapura, Vietnam. Untuk wilayah lokal juga ada yang kami suplai,” jelas Aan Yunengsih, istri Daud, di perusahaannya, Kampung Kecok, RT 02, RW 01, Desa Jeungjing.

”Sehari sih bisa bikin lima tas. Kalau dompet bisa sepuluh. Itu dengan jumlah karyawan sepuluh orang. Harga satu buah tas, paling murah Rp750 ribu untuk kulit ular dan paling mahal Rp9 juta untuk kulit buaya. Sedangkan dompet, paling murah dari kulit ular Rp 150 ribu dan dari kulit buaya Rp 900 ribu,” tambah wanita yang akrab disapa Neng ini.

Kerajinan kulit buaya dan ular rumahan di Desa Jeungjing, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, banyak diminati oleh konsumen dari Korea Selatan, Singapura, dan Vietnam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close