Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kerap Disepelekan, Ini 4 Alasan Mengapa Kita Perlu Mandi yang Baik dan Benar

Kamis, 13 Februari 2020 – 22:16 WIB
Kerap Disepelekan, Ini 4 Alasan Mengapa Kita Perlu Mandi yang Baik dan Benar - JPNN.COM
Mandi. Foto/ilustrasi: Walter Zerla/Corbis

jpnn.com - Mandi merupakan aktivitas harian sederhana, tapi sebetulnya punya banyak manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, tak sedikit orang yang asal mandi.

Padahal, berbagai manfaatnya baru bisa dirasakan jika mandi dilakukan dengan baik dan benar.

Kesalahan yang sering dilakukan saat mandi dan anjuran yang benar

Karena merupakan rutinitas, banyak orang yang menyepelekan mandi, sehingga praktiknya kurang tepat. Di antaranya yang mungkin tak sadar sering Anda lakukan adalah:

  • Suhu air terlalu panas. Air yang terlalu panas bisa menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, lapisan minyak kulit bisa terkikis, sehingga kulit jadi kering.
  • Mandi terlalu sebentar atau terlalu lama. Mandi ‘kilat’ yang asal siram dan menyabuni tubuh seadanya bukan jaminan kulit yang bersih. Sebaliknya, mandi teralu lama berisiko membuat lapisan minyak kulit juga terkikis, sehingga kulit rentan kering. Sebagai informasi, durasi mandi yang direkomendasikan adalah 10 menit.
  • Durasi 10 menit perlu dilakukan dengan efektif, yaitu dengan membersihkan bagian tubuh yang merupakan lipatan dan tersembunyi (seperti belakang telinga, ketiak, siku dan lipat lengan, lutut dan lipat lutut, dan selangkangan) dengan sabun.
  • Perhatikan cara bilas, supaya tidak ada sisa sabun yang tertinggal di kulit, yang mana ini bisa menyebabkan iritasi.

Pentingnya Mandi yang Baik dan Benar

Selain poin-poin cara mandi yang bersih seperti yang disebutkan di atas, pemilihan sabun juga perlu diperhatikan. Jangan hanya cari sabun yang wangi atau busa berlimpah, prioritaskan yang ampuh membersihkan kotoran, kuman, dan debu yang menempel di kulit dan telah bercampur dengan lapisan minyak kulit.

Apalagi bila hidup di negara tropis yang lembap dan berdebu, membuat kotoran, debu, dan kuman lebih mudah menempel di kulit.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memiliki sabun—baik batang maupun cair—yang mengandung formula ActivSilver+ yang terbukti mampu melindungi pertahanan alami kulit dan melawan kuman penyebab penyakit.

Padahal, berbagai manfaatnya baru bisa dirasakan jika mandi dilakukan dengan baik dan benar.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close