Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keren, Bung Karno Ternyata juga Memiliki Rekam Jejak Karya Arsitektur dan Seni

Selasa, 02 Juni 2020 – 21:16 WIB
Keren, Bung Karno Ternyata juga Memiliki Rekam Jejak Karya Arsitektur dan Seni - JPNN.COM
Presiden Pertama RI Ir Soekarno. Foto: Geheugen van Nederland/ANP

jpnn.com, JAKARTA - Arsitek dan Pengajar Universitas Pancasila Yuke Ardhiati menyebutkan, Presiden RI pertama Soekarno atau Bung Karno tidak hanya dikenal sebagai proklamator.

Menurut dia, Bung Karno juga dikenal sebagai arsitek handal. Pasalnya, Bung Karno memiliki banyak karya arsitektur yang tersebar dalam berbagai bangunan publik nasional.

Yuke mengungkapkan itu ketika hadir dalam virtual bertema 'Bung Karno Sang Arsitek' yang dipandu oleh sejarawan Bonnie Triyana, Selasa (2/6).

Yuke menceritakan, Bung Karno sebenarnya lulusan Teknik Sipil jurusan Pengairan atau dahulu dikenal Waterbouwkunde di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Namun, seorang profesor di ITB mengenali bakat Bung Karno dalam menggambar.

Kemudian, profesor tersebut meminta Bung Karno agar bersedia menjadi asisten dengan tugas semacam draftman sejumlah proyek arsitektur.

Nama sang profesor adalah Charles Prosper Wolff Schoemaker, yang dikenal juga sebagai arsitek sejumlah bangunan seperti Villa Isola dan Hotel Preanger di Bandung, Jawa Barat.

"Jadi, kesempatan baik itu menjadikan Bung Karno percaya diri mendirikan biro arsitek di tahun 1926," kata Yuke dalam diskusi virtual, Selasa.

Bung Karno memiliki banyak karya arsitektur yang tersebar dalam berbagai bangunan publik nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close