Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keren, Pria Ini Sukses Bikin Mobil Listrik Sendiri, Begini Wujudnya

Senin, 16 Mei 2022 – 20:36 WIB
Keren, Pria Ini Sukses Bikin Mobil Listrik Sendiri, Begini Wujudnya - JPNN.COM
Pengisian daya listrik di Baga-Kazuwa Maiduguri, Nigeria. ANTARA/REUTERS/Afolabi Sotunde

jpnn.com, NIGERIA - Pengusaha muda asal Nigeria, Mustapha Gajibo mengatakan sukses menyelesaikan proyek minibus berbahan bakar bensin yang disulap menjadi mobil listrik bertenaga surya.

Menariknya, mobil tersebut dia rancang di bengkel sendiri.

Dilansir dari Reuters, Senin (16/5), dalam merancang mobil ramah lingkungan tersebut, pria 30 tahun itu membongkar 10 mesin bensin dari minibus milik warga setempat.

Kemudian, dia menggantinya dengan baterai yang mengambil pasokan dari sel surya.

Pria yang tidak menuntaskan pendidikan sarjana itu mengeklaim minibus tersebut sudah beroperasi selama satu bulan, dengan daya jelajah mencapai lebih dari 100 kilometer untuk sekali pengisian daya.

Menurut dia, kendaraan itu merupakan proyek ambisius, yakni membuat minibus sendiri dari nol hingga layak jalan dengan penggerak baterai dan sel surya.

"Kami sedang membangun bus berkapasitas 12 tempat duduk yang dapat menempuh jarak hingga 200 kilometer dengan sekali pengisian daya," kata Gajibo.

"Sebelum akhir bulan ini kami akan meluncurkan bus itu, yang pertama dari di seluruh Nigeria," katanya, seraya menambahkan bahwa bengkelnya memiliki kapasitas untuk memproduksi 15 bus sebulan.

Di Nigeria, kata dia, kendaraan listrik belum dilirik karena tidak adanya infrastruktur pengisian dayanya.

Pengusaha muda bernama Mustapha Gajibo sukses menyelesaikan proyek mobil listrik bertenaga surya yang dirancang sendiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close