Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keselamatan Transportasi Pelayaran di Tanjung Api-Api Terancam Akibat Pendangkalan

Selasa, 12 Maret 2024 – 10:45 WIB
Keselamatan Transportasi Pelayaran di Tanjung Api-Api Terancam Akibat Pendangkalan - JPNN.COM
Pengamat Kebijakan Publik (baju batik pakai topi) didampingi Kasi Operasional Pelabuhan TAA Dinas Perhubungan Sumsel Zulkarnain saat meninjau perairan di Pelabuhan TAA. Foto: Cuci Hati/JPNN.com.

jpnn.com, PALEMBANG - Perairan di Pelabuhan Tanjung Api-api (TAA) mengalami pendangkalan, hal ini mengancam keselamatan transportasi pelayaran.

Diketahui, Pelabuhan TAA ini direncanakan tak hanya menjadi pelabuhan darat, tetapi juga laut, yang melayani penumpang dan logistik lintas Palembang - Bangka Belitung.

Dengan mengalihkan penyeberangan logistik dari Pelabuhan Boom Baru ke TAA, otomatis pelabuhannya akan diperbesar dan kapal-kapal besar juga akan bersandar di TAA.

Pengamat Kebijakan Publik Bambang Haryo Soekartono menjelaskan bahwa pelabuhan tak hanya terdiri dari dermaga, tetapi juga ada alur yang sangat bagus.

"Nyatanya, pelabuhan TAA tidak diimbangi dengan perawatan alur, saat ini alur di pelabuhan sangat dangkal," jelas Bambang usai meninjau perairan di Pelabuhan TAA, Selasa (12/3/2024)

Dia menyebut kondisi alur yang dangkal akan menyulitkan pelayaran, terutama saat air surut sehingga membuat kapal-kapal tidak bisa berlayar maupun sandar.

Sebab, akibat kondisi perairan yang dangkal tak jarang membuat kapal kandas hingga mengakibatkan kecelakaan.

"Kapal bisa tenggelam, dan itu sangat bahaya," ujar anggota DPR RI periode 2014-2019 itu.

Perairan di Pelabuhan Tanjung Api-api (TAA) mengalami pendangkalan, hal ini mengancam keselamatan transportasi pelayaran menuju ke Bangka Belitung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close