Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketahuilah, 70% PDAM Mengalami Kerugian

Rabu, 28 Agustus 2019 – 14:55 WIB
Ketahuilah, 70% PDAM Mengalami Kerugian - JPNN.COM
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Aristo Setiawan/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo menyebutkan, sebanyak 70 persen Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) yang dikelola pemda mengalami kerugian.

Hal itu diungkapkan Tjahjo setelah menghadiri acara Kemendagri dengan tema "Peran Pemerintah Daerah dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik" di Grand Hotel Paragon, Jakarta Pusat, Rabu (28/8).

"Saya selama lima tahun kurang satu bulan (menjabat Mendagri), itu sudah menemukan hampir di atas 70 persen BUMD di seluruh Indonesia itu rugi, yaitu air minum PDAM," kata Tjahjo.

Tjahjo berujar, pemerintah pusat mendapatkan efek negatif ketika PDAM merugi. Hampir setiap tahun pemerintah pusat menyuntik dana bagi PDAM.

"Kami melapor ke presiden, melapor ke menteri keuangan juga, ini kalau enggak disubsidi oleh pemerintah pusat ini kolaps, karena rugi semua," ujar eks Sekjen PDIP itu.

BACA JUGA: Rakernas Perkumpulan Honorer K2 Indonesia, Pembuktian Komitmen Bu Titi

Menurut Tjahjo, pemerintah pusat setidaknya menyuntikkan dana Rp 5 Triliun per tahun agar PDAM tidak tutup buku. Ke depan, lanjut dia, BUMD diharapkan tidak terus merugi.

"Kami ingin, dari Kemendagri, agar BUMD itu sehat dan untung, supaya pertumbuhan daerah itu maju," tutur dia. (mg10/jpnn)

Mendagri menyebut sebanyak 70 persen PDAM (Perusahan Daerah Air Minum) mengalami kerugian di catatan keuangannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close