Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketahuilah, Mayoritas Pekerja Gajinya Habis untuk Konsumsi

Kamis, 25 Februari 2016 – 08:04 WIB
Ketahuilah, Mayoritas Pekerja Gajinya Habis untuk Konsumsi - JPNN.COM
Foto ilustrasi.dok.Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA – Berdasar data Manulife Investor Sentiment Index diketahui bahwa sebagian besar orang menghabiskan gajinya untuk kebutuhan sehari-hari. Di Surabaya sekitar 75 persen pendapatan orang dihabiskan untuk konsumsi. Angka itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan Jakarta yang hanya 65 persen dan Medan 63 persen.

Dari total pengeluaran, 42 persen digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan 12 persen untuk pendidikan anak. Sementara itu, pengeluaran untuk dana proteksi berupa asuransi hanya 5 persen. 

’’Kondisi ini diperparah 56 persen investor Surabaya yang tidak memantau pengeluaran setiap bulan,’’ ujar CEO PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Rusli Chan kemarin (24/2).

Angka tersebut jauh lebih tinggi daripada Jakarta. Hanya 25 persen investor di Jakarta yang tidak memantau pengeluaran. Rusli menuturkan bahwa gaya hidup masyarakat masih menjadi tuntutan tertinggi untuk dipenuhi.

Tren urbanisasi juga ikut mendukung pola perubahan perilaku masyarakat dalam mengelola uang. ’’Sekitar 83 persen investor Surabaya tidak punya target jumlah simpanan yang jelas. Ini memprihatinkan,’’ katanya.

Presdir PT Manulife Asset Management Indonesia Legowo Kusumonegoro mengakui, tahun lalu memang menjadi periode sulit bagi industri manajemen investasi. Banyak investor yang menahan dananya untuk berinvestasi dan lebih memilih menabung di bank. 

’’Bukan hanya perencanaan keuangan yang belum jelas, tapi kondisi ekonomi juga memengaruhi mereka untuk investasi,’’ ungkap Legowo.

Beberapa kondisi makro yang membuat investasi ditahan adalah turunnya indeks harga saham gabungan (IHSG), melemahnya rupiah, serta aksi ekonomi dari pemerintah baru yang tidak kunjung terlihat. 

SURABAYA – Berdasar data Manulife Investor Sentiment Index diketahui bahwa sebagian besar orang menghabiskan gajinya untuk kebutuhan sehari-hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close