Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Ajak Mahasiswa Pascasarjana Unsil Bangun Benteng Ideologi Bangsa    

Sabtu, 27 Februari 2021 – 16:11 WIB
Ketua MPR Ajak Mahasiswa Pascasarjana Unsil Bangun Benteng Ideologi Bangsa     - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan bahwa para pemuda selain menghadapi pandemi Covid-19, juga berhadapan dengan berbagai tantangan besar yang hadir dalam beraneka ragam bentuk.

Sosok yang karib disapa Bamsoet itu menyebutkan tantangan besar itu antara lain melemahnya rasa toleransi dalam keberagaman, demoralisasi, hingga memudarnya jati diri dan karakter bangsa.

Ia menjelaskan melemahnya rasa toleransi dalam keberagaman dapat merujuk pada data yang diungkapkan Setara Institut bahwa dalam kurun waktu tahun 2014 hingga 2019 rata-rata setiap satu bulan terjadi 14 peristiwa pelanggaran kebebasan beragama.

“Masih sering kita saksikan penyalahgunaan politik identitas dalam kompetisi politik, yang mendorong terjadinya polarisasi masyarakat pada dua kutub berseberangan dan bermuara pada konflik horizontal dan konflik sosial," ujar Bamsoet saat memberikan Pendidikan Bela Negara bagi mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Siliwangi (Unsil) secara virtual di Jakarta, Sabtu (27/2).

Ketua ke-20 DPR RI ini menjelaskan demoralisasi generasi muda bangsa dapat dirujuk pada laporan catatan tahunan Komnas Perempuan.

Ia menyebut dalam cataan itu dinyatakan sepanjang 2020 sebagian besar kekerasan seksual pada ranah komunitas (62,7 persen) dan pada ranah privat (61,2 persen) dilakukan oleh generasi muda.

Rujukan lain, lanjut dia, berdasarkan hasil survei Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang dirilis Juni 2019, mencatat ada 2,3 juta pelajar dan mahasiswa yang pernah mengonsumsi narkotika.

"Memudarnya jati diri dan karakter bangsa telah menjadi fenomena yang dapat kita rasakan seiring laju perkembangan dan dinamika zaman,” katanya.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan yang tidak kalah penting dari membangun benteng dan kekuatan fisik adalah pembangunan benteng ideologi. Di sinilah peran penting MPR RI.  

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close