Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Ajak Mata Garuda Songsong Era Society 5.0

Minggu, 13 Desember 2020 – 18:52 WIB
Ketua MPR Ajak Mata Garuda Songsong Era Society 5.0 - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Nasional Mata Garuda 2020 secara virtual di Jakarta, Minggu (13/12). Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet)  mengatakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak sangat cepat.

Menurutnya, belum lama menapaki era Revolusi Industri 4.0, kini dunia sudah dihadapkan pada konsep Era Society 5.0.

Bamsoet mengingatkan kalau tidak ingin tertinggal dalam pusaran peradaban, bangsa Indonesia harus beradaptasi dan berinovasi untuk menjawab tantangan zaman tersebut.

"Generasi muda sebagai agen perubahan adalah salah satu kunci jawabannya," kata Bamsoet saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Nasional Mata Garuda 2020 secara virtual di Jakarta, Minggu (13/12).

"Kepada Mata Garuda, sebagai organisasi ikatan penerima beasiswa LPDP yang menaungi lebih dari 25.000 penerima beasiswa, saya berharap semangat pengabdian kepada bangsa dan negara senantiasa mengiringi setiap langkah Mata Garuda ke depan," lanjut Bamsoet.

Ketua ke-20 DPR RI itu menjelaskan peran Mata Garuda dalam membangun dan memajukan bangsa dapat diaktualisasikan melalui implementasi lima nilai utama yang diusung oleh organisasi ini, yaitu kolaboratif, emansipatif, kreatif, inovatif dan inklusif. 

"Dengan nilai kolaboratif, diajarkan untuk bekerja bersama, saling memberi dan menerima sebagai bentuk saling ketergantungan yang positif atau simbiosis mutualisme, dan belajar mengontrol ego individu," katanya.

Bamsoet menambahkan emansipatif berarti  mengedepankan konsep egaliter yang memandang setiap individu mempunyai kedudukan dan hak yang sama dalam setiap aspek kehidupan.

Bamsoet mengatakan bila tidak ingin tertinggal dalam pusaran peradaban, bangsa Indonesia harus beradaptasi dan berinovasi menghadapi konsep Era Society 5.0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close