Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Bambang Soesatyo Ajak Permahi Kaji Pentingnya PPHN

Rabu, 22 Februari 2023 – 22:23 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo Ajak Permahi Kaji Pentingnya PPHN - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut kedatangan pengurus Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (Permahi), Selasa (22/2). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengajak pengurus Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) mengkaji pentingnya kehadiran pokok-pokok haluan negara atau PPHN.

Menurut Bamsoet, Permahi punya peran besar untuk melakukan berbagai kajian untuk menguatkan hukum Indonesia, termasuk mengkaji apakah konstitusi perlu diamandemen untuk mengantisipasi kemajuan era digital yang semakin pesat, seperti ditandai kemajuan kripto dan perdagangan digital.

Melalui kajian tersebut, lanjut dia, diharapkan bisa semakin mewujudkan konstitusi yang 'hidup' atau living constitution, dan konstitusi yang 'bekerja' atau working constitution.

"Konstitusi yang hidup adalah yang mampu menjawab segala tantangan dan dinamika zaman, dan konstitusi yang 'bekerja' adalah yang benar-benar dijadikan rujukan, dilaksanakan, dan memberi kemanfaatan dalam praktik kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," jelas Bamsoet seusai menerima pengurus Permahi, Rabu (22/2).

Ketua ke-20 DPR itu menyampaikan dalam praktik kehidupan demokrasi banyak negara dunia, amandemen konstitusi bukanlah hal yang tabu, melainkan menjadi praktik kenegaraan yang sangat lazim dilakukan.

Bamsoet mencontohkan sejumlah negara yang sering melakukan amandemen konstitusinya. Misalnya di Perancis, amandemen konstitusi telah dilakukan sebanyak 24 kali.

Kemudian India (105 kali), Thailand (20 kali), dan Korea (9 kali). Di Indonesia, sudah 4 kali melakukan amandemen konstitusi.

Bahkan di Amerika, yang telah sekian lama menjadi rujukan global dalam implementasi sistem demokrasi, amandemen konstitusi telah diajukan secara resmi Kongres sebanyak 33 kali, dan 27 di antaranya telah diratifikasi oleh negara-negara bagian.

Waketum Partai Golkar itu menyampaikan MPR sudah menggagas Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) sebagai road map yang menjamin keberlangsungan pembangunan bangsa dari satu periode pemerintahan ke periode penggantinya.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai Permahi punya peran besar melakukan kajian untuk menguatkan hukum Indonesia, termasuk mengkaji pentingnya PPHN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close